Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Faktor Penyebab Rem Motor Cepat Aus

JAKARTA, KOMPAS.com - Rem sepeda motor merupakan komponen vital yang mendukung keselamatan pengendara di jalan.

Namun, banyak pengendara tidak sadar bahwa rem motor mereka bisa mengalami kerusakan lebih cepat dari seharusnya jika tidak digunakan atau dirawat dengan benar.

Penyebab kerusakan ini bisa bermacam-macam, mulai dari cara penggunaan hingga perawatan yang kurang optimal. Jika diabaikan, maka masalah pada rem dapat meningkatkan risiko kecelakaan.

Wahyu Budhi, Training Analyst PT Wahana Makmur Sejati, menjelaskan bahwa salah satu faktor utama penyebab rem motor cepat rusak adalah penggunaan rem yang terlalu sering dan kasar.

"Penggunaan rem yang mendadak dan terlalu sering, terutama pada kecepatan tinggi, dapat mempercepat keausan pada kampas rem. Hal ini diperburuk bila pengendara sering membawa beban berlebih, karena beban yang lebih berat membutuhkan daya pengereman yang lebih kuat," kata Wahyu kepada Kompas.com, Kamis (24/10/2024).

Selain itu, Wahyu juga menyoroti pentingnya perawatan rutin. Menurutnya, rem yang tidak sering dibersihkan atau diperiksa kondisinya cenderung mengalami penumpukan kotoran, yang pada akhirnya dapat mengurangi kinerja rem.

"Kampas rem yang terkena debu atau oli bisa menyebabkan slip saat pengereman, sehingga daya cengkeramnya berkurang dan memperpendek umur kampas," katanya.

Faktor lainnya adalah kualitas suku cadang. Menggunakan kampas rem yang tidak sesuai spesifikasi atau kualitas rendah juga berpotensi mempercepat kerusakan.

Wahyu menyarankan agar pengendara selalu menggunakan suku cadang asli yang direkomendasikan oleh pabrikan untuk menjaga performa optimal rem motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/24/152100215/faktor-penyebab-rem-motor-cepat-aus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke