Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil Tes Konsumsi BBM Lexus LBX, Irit Setara LCGC

JAKARTA, KOMPAS.com - Lexus LBX hadir mengisi segmen crossover hybrid lima penumpang. Mobil ini menarik karena selain mengusung mesin hibrida, LBX juga menjadi model entry level untuk Lexus.

Sebelumnya, redaksi telah membahas eksterior, interior, fitur, pengalaman berkendara, dan data tes akselerasi. Kali ini, kami akan memberikan data pengujian konsumsi bahan bakar.

Lexus LBX dilengkapi mesin 1.500cc 3-silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 134 Tk dan torsi 120 Nm. Mesin ini dipadukan dengan motor listrik yang menghasilkan torsi hingga 185 Nm.

Tipe mesinnya adalah M15A-FXE, yang juga digunakan pada beberapa model Toyota, seperti Yaris Hybrid, Yaris Cross Hybrid, dan Sienta Hybrid. Selain itu, mesin ini juga digunakan pada Mazda2 Hybrid.

Tes konsumsi bahan bakar dilakukan di dalam kota, mencakup jalan raya dan jalan tol dengan jarak minimal 60 Km. Waktu pengujian bervariasi dari pagi hingga malam, melewati kondisi jalan yang macet maupun lancar.

Metode yang digunakan adalah rata-rata konsumsi bahan bakar dari sistem MID. Bahan bakar yang digunakan adalah RON 98, mengingat kompresi mesinnya mencapai 14:1 dengan efisiensi termal sebesar 41 persen.

Tes dilakukan oleh pengemudi dengan bobot 70 Kg. Perlu dipahami bahwa gaya berkendara dilakukan sewajarnya dan bukan untuk mencari efisiensi tertinggi. Pengemudi tetap menginjak gas dengan agresif jika diperlukan.

Hasilnya tes konsumsi bahan bakar menggunakan Mode Standar menunjukkan angka 20,6 km per liter. Sementara itu jika menggunakan Mode Eco, angka ini bisa meningkat menjadi 21,7 km per liter. Angka ini setara dengan iritnya mobil jenis low cost and green car alias LCGC.

Perlu dicatat bahwa hasil yang diperoleh ini tidak bisa dijadikan patokan pasti. Pengujian di lain waktu bisa menghasilkan angka yang jauh lebih baik atau sebaliknya, karena saat tes mayoritas jalan mengalami kemacetan.

Kondisi jalan, cara berkendara, bobot, jenis bahan bakar yang digunakan, serta performa mobil juga berperan besar dalam menentukan efisiensi bahan bakar, termasuk pada Lexus LBX.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/22/080200215/hasil-tes-konsumsi-bbm-lexus-lbx-irit-setara-lcgc

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke