Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Trik Nakal yang Digunakan Penjual Mobil Bekas

SOLO, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan ekonomis bagi banyak orang, terutama di tengah harga kendaraan baru yang terus melonjak.

Namun, di balik kesempatan ini, terdapat berbagai risiko yang mengintai, terutama dari oknum penjual yang menggunakan modus palsu untuk menarik perhatian calon pembeli.

Iwan, Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, modus nakal penjual mobil bekas ini biasanya dilakukan untuk menutupi kondisi unit yang sebenarnya.

“Harap maklum, karena kalau ditawarkan apa adanya jarang pembeli yang mau ambil unitnya. Selain itu, seandainya setiap kurasakan mobil diperbaiki dahulu, maka biaya yang dikerjakan akan banyak dan berpotensi rugi,” kata Iwan kepada Kompas.com, Senin (21/10/2024).

Iwan melanjutkan, sehingga beberapa dari mereka mengambil langkah pintas dan tidak jarang mereka menyiasati kondisi mobil.

“Maka dari itu, calon pembeli harus sangat teliti mengecek kondisi mobil sebelum memutuskan membeli. Jangan karena iming-iming harga lebih murah, mobil kelihatan segar ternyata hasil sulapan pedagang nakal,” kata Iwan.

Iwan juga menjelaskan, ada beberapa kerusakan pada mobil yang bisa disiasati dengan cara tertentu oleh oknum penjual mobil bekas tidak bertanggung jawab.

“Seperti pada kerusakan pada bagian mesin, misalkan suara mesin kasar oknum pedagang nakal akan memasukkan oli transmisi atau oli gardan, atau juga knalpot yang sudah ngebul putih mereka mengakali dengan memberikan additif,” kata Iwan.

Selain itu, saat akan membeli mobil bekas calon pembeli bisa melakukan pemeriksaan dengan mekanik yang terlatih dan terpercaya.

“Mekanik terlatih tentu akan tahu kondisi-kondisi di atas, supaya lebih yakin periksa dengan mekanik lebih aman,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/21/134200315/ketahui-trik-nakal-yang-digunakan-penjual-mobil-bekas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke