Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Motor Listrik Alva Cervo Q buat Keliling Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com – Setelah meluncur di ajang GIIAS 2024, redaksi Kompas.com akhirnya berkesempatan menjajal motor listrik Alva Cervo Q di jalan raya.

Ada enam ubahan mendasar yang didapatkan Cervo Q. Perubahan pertama tentu baterainya juga sudah pakai tipe Boost Charge.

Ubahan kedua di area rem, untuk Cervo Q sudah dilengkapi dengan ABS 2 Channel. Ubahan ketiga suspensi belakang, dengan tampilan per warna kuning dan diklaim jadi lebih nyaman.

Perubahan keempat spidometernya kini pakai layar digital TFT terbaru yang lebih jernih. Perbedaan terakhir ada di bagian pelek, desainnya baru tampak lebih sporty dan dual tone.

Ubahan terakhir dari sisi harga, di mana Cervo Q-ABS sudah menembus Rp 49,5 juta (OTR Jabodetabek).

Lantas bagaimana dengan rasa berkendara motor listrik ini saat dijajal di Jakarta? Secara umum impresinya masih sama dengan Alva Cervo reguler.

Namun, dari sisi handling dan kenyamanan motor listrik ini telah mendapat peningkatan. Di mana karakter bantingan suspensi menjadi lebih nyaman dari sebelumnya.

Saat melewati polisi tidur atau jalan bergelombang, dengan jumlah penumpang satu orang, sokbreker terasa cukup lembut baik di depan ataupun di belakang.

Kemudian, berkat penggunaan rem ABS, pengendara tidak khawatir melakukan pengereman saat kondisi jalan basah sekalipun.

Sementara busa jok motor juga terbilang empuk dan kesat. Hal ini membuat pengendara Alva Cervo Q bakal lebih betah selama di jalan.

Di samping itu, dalam kesempatan tersebut, peserta test ride juga bisa mencoba fasilitas Boost Charge Station yang tersebar di 13 lokasi.

Dengan spek baterai Lithium berkapasitas 72V 25Ah atau setara 1,8 kWh, Alva mengklaim jarak tempuh bisa mencapai 125 km dechargerngan dua baterai.

Untuk mengecas menggunakan  AC standar, dari 20 hingga 100 persen memakan waktu hingga 4 jam.

Adapun saat mengecas di Boost Charge Station bisa lebih cepat, 20 sampai 100 persen diklaim hanya menghabiskan 1 jam 17 menit.

Sedangkan saat dijajal dari 20 persen hingga 70 persen, cukup 30 menit saja. Fasilitas ini jelas bikin konsumen enggak khawatir kehabisan baterai saat berkendara di dalam kota.

Secara umum, Alva Cervo Q makin menarik dipakai harian. Selain motornya mendapat peningkatan performa dan fitur dari sebelumnya, tersedia SPKLU di Jakarta yang bisa dimanfaatkan para pemiliknya.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/10/13/164100815/jajal-motor-listrik-alva-cervo-q-buat-keliling-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke