Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kebiasaan Pengemudi Mobil Manual yang Bikin Kopling Cepat Aus

SOLO, KOMPAS.com - Mengemudikan mobil dengan transmisi manual, membutuhkan pengoperasian pedal kopling guna mengatur perpindahan gigi dan menjaga kelancaran akselerasi.

Namun, masih banyak pengemudi yang salah dalam mengoperasikan pedal kopling, sehingga tanpa disadari dapat mempercepat keausan pada kampas kopling.

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, kesalahan paling umum dan sering dilakukan pengemudi mobil transmisi manual adalah cara menginjak pedal kopling yang bisa membuat kopling cepat aus.

“Pertama, kaki selalu berada di pedal kopling. Meski hanya menempel tapi ini bisa menyebabkan kampas pada kopling cepat aus. Bahkan, ini bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan,” kata Marcell kepada Kompas.com, belum lama ini.

Marcel menyarankan, kaki kiri sebaiknya diistirahatkan dari pedal kopling saat mobil sedang berhenti atau ketika tengah perjalanan.

Jika jalanan macet atau mobil terpaksa berhenti dalam durasi yang cukup lama, pengemudi sebaiknya memindahkan tuas transmisi ke posisi netral.

Senada, Muchlis, Pemilik Bengkel Spesialis Toyota Mitsubishi, Garasi Auto Service mengatakan, jika kaki kiri terus menempel di pedal kopling bisa membuat kampas kopling cepat aus.

“Betul ketika kaki kiri nempel di pedal kopling berarti ada tekanan yang berlebihan pada release bearing, sehingga timbul gesekan yang menyebabkan kampas kopling cepat aus,” katanya.

Hal ini karena kopling tidak sepenuhnya terlepas dan selalu dalam kondisi setengah menempel, sehingga tanpa sadar akan menekan pedal kopling. Padahal kampas kopling hanya akan tergerus ketika perpindahan gigi saja.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/28/144100815/kebiasaan-pengemudi-mobil-manual-yang-bikin-kopling-cepat-aus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke