Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kencan Harian dengan BYD M6, Bahas Desain yang Menawan

JAKARTA, KOMPAS.com - BYD paham pasar mobil paling besar di Indonesia ialah MPV. Untuk itu merek asal China tersebut melansir BYD M6 di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.

BYD M6 merupakan electric multi purpose vehicle alias EMPV pertama yang dijual di Indonesia, dan merupakan model keempat BYD yang hadir setelah sebelumnya melansir BYD Dolphin, Atto3 dan Seal.

BYD M6 berbeda dari BYD E6 Gen-2 yang dipakai perusahaan Blue Bird untuk mobil taksi. Perbedaan keduanya ialah soal fitur dan konfigurasi tempat duduk baris kedua.

Sebelumnya Kompas.com sudah menjajal BYD M6 dalam acara media test drive. Namun kini Kompas.com kembali kencan dengan BYD M6, kencannya lebih dalam selama beberapa hari untuk merasakan keunggulan BYD M6.

Secara dimensi, BYD M6 memiliki panjang 4.710 mm, lebar 1.810 mm dan tinggi 1.690 mm, dengan ground clearance 170 mm dan wheelbase 2.800 mm.

Sedikit lebih kecil dari New Kijang Innova dengan panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm. Namun wheelbase M6 lebih panjang karena sumbu roda Innova hanya 2.750 mm.

Bicara soal eksterior, BYD M6 menggunakan bahasa desain dragon face yang juga dipakai oleh model-model BYD yang lain.

Ciri khas ini dapat dilihat dari gril krom dengan tulisan BYD di bagian tengah, serta lampu LED berbentuk huruf L dengan desain membentuk sudut.

Desain bumper bagian bawah tampak sporty dengan sudut garis-garis tegas dengan sentuhan aksen krom yang mempermanis tampilan. 

Desain samping dibuat aerodinamis dan sporty berkat roof rail di bagian atap. Detail bodinya menggunakan hendel model tarik, dipadukan dengan side skirt yang senada dengan warna bodi untuk menambah kesan elegan.

Detail menawan lainnya yaitu desainer BYD pintar membuat aksen pemikat. Contohnya ialah pilar A sesuai warna bodi, tapi pilar B, pilar C dan pilar D warna hitam yang membuat kesan atapnya mengambang.

Bagian atap dipermanis dengan panoramic roof namun belum bisa dibuka seperti panoramic sunroof. Adapun di ujungnya ditambahkan antena shark fin dan spoiler atap sebagai penegas. 

Kaki-kakinya cukup solid dibekali pelek berukuran 17 inci yang dibalut menggunakan ban Giti dengan profil 225/55.

Bagian buritan hadir dengan dengan stop lamp yang memajang. Konsep yang familiar karena juga diterapkan pada Atto 3 dan juga Seal.

Lebih detail bumper belakang menggunakan tampilan yang senada dengan side skirt dan bumper di bagian depan.

Secara keseluruhan, tampilan BYD M6 tampak elegan dengan desain yang moderat. Cocok buat yang ingin mobil listrik tapi tidak suka desain futuristis.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/23/161200815/kencan-harian-dengan-byd-m6-bahas-desain-yang-menawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke