Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Platform DNGA pada 3 Produk Daihatsu di Tanah Air

JAKARTA, KOMPAS.com - Inovasi jadi salah satu kunci dalam pengembangan sebuah produk yang berkelanjutan. Tak heran banyak pabrikan mobil yang berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan dengan teknologi terkini, termasuk Daihatsu.

Meski bermain di segmen menengah ke bawah, namun pabrikan asal Jepang ini tak ketinggalan dalam pengembangan teknologi untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan. Salah satunya dengan aplikasi platform Daihatsu New Global Architecture atau DNGA.

Platform DNGA dirancang dan didesain dengan mempertimbangkan hingga detail terkecil yang tujuannya menghasilkan kendaraan berkualitas. Filosofinya 1-1-1-1, yakni 1 gram, 1 milimeter, 1 sen, dan 1 detik, yang memiliki arti segala aspek diperhitungkan sangat detail.

Untuk pasar Indonesia, kehadiran platform DNGA sendiri dimulai ketika generasi terbaru Rocky masuk pada 2021. Kemudian dilanjutkan dengan All New Xenia dan All New Astra Daihatsu Ayal.

"Platform DNGA pada mobil Daihatsu menghadirkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar yang optimal, dan kestabilan berkendara yang lebih baik," tulis PT Astra Daihatsu Motor (ADM), dalam keterangan resminya, beberapa hari lalu.

Lebih lanjut dijelaskan, platform tersebut memungkinkan integrasi teknologi terbaru dengan peningkatan fitur kenyamanan dan keselamatan terkini, sekaligus tetap memiliki harga terjangkau dan kompetitif di kelasnya.

Menariknya, produk dengan platform DNGA di Indonesia juga menjadi momen penting, di mana untuk pertama kalinya Daihatsu menghadirkan sistem transmisi Dual Mode Continously Variable Transmission (D-CVT), setelah awalnya hanya menggunakan automatic transmission (AT).

Tak hanya itu, Daihatsu juga membuktikan produknya tak ketinggalan secara teknologi melalui kehadiran Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang disebut dengan Advanced Safety Assist (A.S.A).

A.S.A bekerja menggunakan sensor stereo kamera di bagian kaca depan untuk mendeteksi objek di luar mobil dengan memberikan peringatan ke pengendara soal adanya potensi bahaya.

Total, ada enam fitur yang memiliki fungsi berbeda-beda, yakni Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Untuk model Daihatsu yang sudah mengaplikasi A.S.A sendiri sejauh ini baru ada dua, yakni Rocky dan Xenia varian teratas. Sementara untuk Ayla, selain sudah menggunakan platform DNGA juga sudah memiliki sistem transmisi D-CVT.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/17/163100615/mengenal-platform-dnga-pada-3-produk-daihatsu-di-tanah-air

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke