Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jajal Mobil Listrik Beringas Zeekr 001 FR di China

NINGBO, KOMPAS.com – Belum lama ini Kompas.com mendapat kesempatan mencoba beberapa mobil Zeekr, salah satunya yaitu Zeekr X dan Zeekr 009 yang akan meluncur akhir 2024.

Namun, selain Zeekr X dan Zeekr 009, redaksi juga diberikan kesempatan mencoba mobil listrik performa tinggi milik Zeekr, yaitu Zeekr 001 FR.

Hatchback lima penumpang ini spesial, sebab merupakan mobil terkencang Zeekr saat ini. Pengembangannya melibatkan Kimi Raikkonen, Juara Dunia Formula 1 2007.

Sama seperti mobil lainnya, Kompas.com menjajal Zeekr 001 FR di Sirkuit Internasional Ningbo, China. Sirkuit yang dibiayai oleh Geely Holding Group yang juga menaungi Zeekr.

Kesan pertama masuk ke kabin tampilan interiornya sangat sporty. Interior gabungan kulit dan alcantara. Dominasi warna merah dan hitam membuatnya seperti berada di kokpit supercar.

Belum lagi tampilan luarnya yang memang mengesankan mobil kencang. Di bagian dapan ada spoiler besar dan belakangnya teradapat sayap buat membantu mobil mendapat gaya tekan atau down force.

Saat pertama injak pedal gas, ada kekhawatiran bahwa mobil ini bakal sulit dikendalikan. Tapi nyatanya usai tikungan pertama perasaan gusar yang sebelumnya hadir langsung hilang.

Nyatanya mengendarai Zeekr 001 FR tidak menyeramkan sebaliknya justru fun to drive. Mobil enak diajak menikung, istilahnya ban lengket dengan aspal dan tak ada gejala bodi "ngebuang."

Akselerasinya mantap. Lepas tikungan injak pedal gas mobil langsung melesat tapi bukan yang mengagetkan. Semua terasa halus, bahkan ketika mode berkendara diubah jadi lebih sangar.

Sayangnya Kompas.com tidak bisa mengetes akselerasi mobil ini dari kondisi diam sampai 100 Kpj karena memang tidak memungkinkan. 

Untuk diketahui, saat menjajal mobil Sirkuit Nibngo sedang diguyur hujan deras. Selain air angin bertiup cukup kencang. Buktinya kun (cone) buat slalom pada jatuh terseret angin.

Padahal klaim pabrikan Zeekr 001 FR tipe penggerak semua roda (AWD) yang Kompas.com coba hanya butuh waktu 2,37 detik untuk melesat dari 0-100 Kpj.

Meski demikian Kompas.com tetap merasakan performa mobil yang bikin candu. Singkatnya kalau dirangkum ialah tarikannya Zeekr 001 FR kencang, pengendaliannya enak, dan tampangnya menarik.

Soal tampang menjadi poin plus dari Kompas.com. Studio Desain Zeekr di Sothenburg, Swedia, mampu menciptakan desain yang berskala global buka cuma jago kandang alias laris di China.

Instruktur Zeekr yang menemani saat tes mengatakan, setingan Zeekr 001 FR dan Zeekr 001 sangat berbeda.

Pertama ialah tenaga mesin sudah jauh berbeda dai Zeekr 001 biasa, kemudian setingan suspensi, dan terakhir rem. Rem Zeekr 001 FR pakai Brembo 6 piston yang membuat pengemudi lebih percaya diri mengerem dekat tikungan.

Menariknya lagi ialah jok Zeekr 001 FR yang sangat suportif. Misalnya, saat mobil menikung ke kiri maka area bawah jok sebelah kanan akan mengembang agar badan tidak “ngebuang” ke kanan.

Detail seperti itu membuat rasa berkendara Zeekr 001 FR jadi lebih menyenangkan bahkan untuk seorang pengemudi pemula.

Zeekr 001 FR ditawarkan mulai dengan harga 769 ribu yuan atau setara dengan Rp1,6 miliar.

Varian AWD memiliki empat unit motor listrik, yang bisa menghasilkan 1,247 Tk dan top speed 280 km/jam.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/09/17/110200715/jajal-mobil-listrik-beringas-zeekr-001-fr-di-china-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke