Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intip Livery Retro para Pebalap MotoGP di GP Inggris 2024

JAKARTA, KOMPAS.com - Seri MotoGP Inggris 2024 yang akan digelar di Sirkuit Silverstone pada akhir pekan ini akan terasa lebih istimewa karena sekaligus jadi perayaan ke-75 tahun.

Oleh karenanya, tiap pebalap menggunakan livery bergaya retro dari Monster Energy Yamaha, Ducati Lenovo, sampai Repsol Honda. Hal ini lantas menjadi kesan tersendiri bagi para penunggangnya.

"Saya sangat senang Dorna punya ide seperti ini. Senang sekali melihat semua livery dari masa lalu atau beberapa ide baru. Hebat," kata Francesco Bagnaia dikutip Crash, Minggu (4/8/2024).

"Saya suka desain lama karena menurut saya terlihat lebih klasik dan clean," lanjut juara bertahan ini.

Bagnaia secara khusus senang dengan, livery Ducati yang terinspirasi Desmosedici GP3 tahun 2003 yang dikemudikan oleh Loris Capirossi dan Troy Bayliss selama kampanye kelas utama debut merek Bologna tersebut.

Sementara Gresini Ducati menggunakan stiker yang sekaligus untuk mengenang pemilik tim, Fausto.

"Desain kami sangat istimewa. Ini bukan hanya desain retro tetapi dari tahun 1987 dan galeri Fausto. Ini adalah desain yang emosional, corak yang emosional," kata Marc Marquez.

Kemudian seragam dan livery retro pertama dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP. Warna asli Yamaha YZR500 sejak mereka meraih gelar MotoGP pertama mereka tahun 1975 bersama Giacomo Agostini.

Adapun Honda memusatkan corak vintage mereka pada kemenangan bersejarah Freddie Spencer di Kejuaraan Dunia 500cc tahun 1983, ketika ia mengalahkan Kenny Roberts Sr dengan hanya selisih dua poin dalam salah satu perebutan gelar Grand Prix yang paling berkesan bahkan hingga hari ini.

Kala itu, pebalap Amerika berusia 21 tahun yang mengendarai NS500 miliknya menjadi pemenang termuda gelar kelas utama.

“Sulit dalam kasus kami untuk melihat dengan jelas liverynya karena sponsornya. Tapi dalam kasus Yamaha atau Honda, liverynya fantastis," kata Bagnaia

“Saya sangat menyukai yang Yamaha karena sangat jelas. Saya ingin memiliki lebih banyak ide seperti ini di masa depan," lanjut dia.

Livery tim KTM Redbull emperlihatkan style motor MX keluaran awal KTM. Desain dari pabrikan Austria ini didasarkan pada asal mula program balapan jalanan KTM: KTM LC4.

Kendaraan ini dikembangkan Wolfgang Felber, yang kemudian memenangkan kejuaraan ‘Sound of Singles’ Jerman pada tahun 1989.

Untuk pabrikan Aprilia racing, mereka memilih menggunakan livery Aprilia Biaggi Chesterfield dari tahun 1990-an.

Pabrikan Noale memiliki sejarah yang sangat panjang dengan kategori junior yang telah memenangkan 19 Kejuaraan Dunia di kelas 125cc dan 250cc dari tahun 1992 hingga 2011.

Khusus corak di Silverstone, mereka mengambil inspirasi dari Aprilia RSV 250 yang dikendarai Max Biaggi saat raih gelar 250cc pada tahun 1994, 1995 dan 1996.

“Saya pikir para penggemar akan sangat menikmati acara ini karena ini adalah sesuatu yang berbeda dan menarik," ucap Fabio Quartararo dalam kesempatan terpisah.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/08/04/152403415/intip-livery-retro-para-pebalap-motogp-di-gp-inggris-2024

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke