Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hitungan Skema Sewa Baterai Mobil Listrik VinFast, Lebih Murah?

TANGERANG, KOMPAS.com - VinFast punya strategi berbeda dalam menawarkan mobil listriknya di Indonesia. Mobil listrik Vinfast ditawarkan dengan skema sewa baterai, begini perhitungannya.

Misal buat VF 5 yang dijual dengan harga Rp 242 juta kalau pakai skema sewa baterai. Sedangkan kalau konsumen mau membeli dengan baterai, dijual dengan harga Rp 310 juta. Selisih hargana mencapai Rp 68 juta.

Buat skema sewanya, per bulan dikenakan biaya mulai Rp 990.000 kalau penggunaannya di bawah 1.500 Km per bulan. Sedangkan jarak kurang dari 3.000 Km senilai Rp 1,41 juta per bulan untuk, dan jarak lebih dari 3.000 Km sebesar Rp 2,36 juta per bulan.

Temmy Wiradjaja, CEO VinFast Indonesia menjelaskan, selisih sebanyak Rp 68 juta tadi adalah harga baterai yang tidak usah dibayar, disewa saja.

"Dengan satu juta rupiah sebulan, baru sama (harganya) setelah enam tahun (dengan yang beli baterai)," kata Temmy kepada Kompas.com di Tangrerang belum lama ini.

Memang setelah enam tahun itu, pemilik VF 5 yang sewa tetap harus bayar per bulan. Cuma buat yang beli dengan baterai, biasanya di atas tujuh tahun kualitasnya sudah menurun, perlu diganti dengan yang baru.

"Kalau langganan, enggak usah (beli baterai baru), ganti saja di diler. Kalau beli baterai baru harganya Rp 150 juta," kata Temmy.

VinFast bakal mengganti baterai di mobil yang memilih skema sewa. Jika kesehatan baterai sudah di bawah 70 persen, tinggal hubungi diler, diperiksa, lalu bikin janji buat pergantian baterai. Klaimnya, tidak sampai empat jam sudah beres.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/07/29/184100315/hitungan-skema-sewa-baterai-mobil-listrik-vinfast-lebih-murah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke