Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Larangan Berwisata Menggunakan Bus Bukan Solusi Tepat

KLATEN, KOMPAS.com - Kecelakaan yang melibatkan bus pariwisata kerap terjadi dewasa ini bahkan tak sedikit mengorbankan jiwa para penumpangnya.

Hal ini sedikit banyak mempengaruhi daya tarik berwisata. Bahkan sebagian orang beranggapan perlu menunda wisata sementara waktu agar lebih aman termasuk beberapa instansi pemerintah daerah.

Ahmad Wildan, Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mengatakan marak kecelakaan bus wisata berimbas kepada larangan dari pemerintah daerah dan itu bukan solusi tepat.

“Beberapa pemerintah daerah mengambil kebijakan melarang kegiatan wisata dengan menggunakan bus. Hal ini justru dapat mengganggu keberlangsungan usaha industri wisata dalam negeri, baik operator bus wisata maupun pengelola destinasi wisata,” ucap Wildan kepada Kompas.com, Minggu (19/5/2024).

Wildan mengatakan berwisata dengan bus wisata sebenarnya tidak ada masalah karena Pemerintah juga sudah mengatur pelaksanaannya dengan baik.

Hanya saja masyarakat atau pengguna harus memahami cara memilih bus yang baik agar risiko kecelakaan bisa dihindari, karena tidak semua perusahaan bus memiliki standarisasi yang sudah ditetapkan.

Menurut Wildan, semua pihak perlu memanfaatkan momen ini sebagai titik balik bagaimana masyarakat sadar pentingnya memilih bus berkualitas untuk berwisata. Dengan demikian makin banyak perusahaan bus memperbaiki kualitas layanan.

https://otomotif.kompas.com/read/2024/05/19/124200815/larangan-berwisata-menggunakan-bus-bukan-solusi-tepat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke