Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Banyak Motor Listrik Murah di INAPA 2023, Dijual mulai Rp 4 Jutaan

JAKARTA, KOMPAS.com - Penutupan pameran industri dagang otomotif INAPA 2023, Jumat (26/5/2023) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, diwarnai dengan hiruk pikuk pengunjung yang berburu kendaraan listrik murah.

Untuk diketahui, eksibitor INAPA yang didominasi oleh pelaku industri otomotif mancanegara biasanya selalu memberikan diskon besar-besaran di hari akhir pameran. Hal itu rupanya sudah diketahui oleh beberapa pengunjung.

Halim Djaja, pengusaha UMKM asal Penjaringan, Jakarta Utara, mengaku sebagai salah satu pengunjung yang rutin mendatangi INAPA setiap tahunnya.

Pada hari akhir pameran tahun ini, dirinya mengaku sudah membeli 4 motor listrik murah dari salah satu eksibitor. Harga satu unit yang dibelinya adalah 2.100 yuan China, atau setara Rp 4.4 juta.

“Motor itu buat karyawan saya supaya mudah berpergian kalau harus mengantarkan barang, ” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (26/5/2023).

Hal serupa juga disampaikan oleh Salim, pemilik toko kelontong asal Ciputat, Tangerang Selatan. Dia membeli 1 unit motor listrik niaga roda tiga dengan daya jelajah 150 kilometer yang dibanderol Rp 8,1 juta.

“Murah banget dan rangkanya juga kuat. Cukuplah buat anter-anter dagangan di sekitar toko,” kata dia.

Salim mengaku tidak begitu khawatir soal pengurusan pelat nomor kendaraan. Menurutnya, motor listrik niaga miliknya hanya digunakan untuk mobilisasi jarak dekat saja, dan bukan jalan umum.

“Cuma dipakai di sekitar kompleks saja, buat kirim air galon, tabung gas, dan dagangan saya yang lain. Paling cuma di radius 5 kilometer di sekitar toko,” ujarnya.

Selain keperluan usaha, ada pula pengunjung pameran yang membeli kendaraan listrik untuk penggunaan pribadi, seperti Anita, ibu rumah tangga asal Bekasi, Jawa Barat.

Dia membeli sepeda listrik dan skuter listrik untuk anak-anaknya. Total biaya yang dikeluarkan untuk keduanya adalah sekitar Rp 5 juta.

“Saya lupa harga masing-masingnya berapa, tapi total habisnya cuma Rp 5 juta,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/26/141200915/banyak-motor-listrik-murah-di-inapa-2023-dijual-mulai-rp-4-jutaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke