Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hasil MotoGP Perancis 2023, Bezzecchi Sempurna, Marquez Jatuh Lagi

LE MANS, KOMPAS.com - Pebalap Mooney VR46 Marco Bezzecchi berhasil menjadi juara pada MotoGP Perancis 2023,  Minggu (14/5/2023), di Sirkuit Le Mans. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ada duo Pramac Ducati, Jorge Martin dan Johann Zarco.

Nasib buruk kembali dialami Marc Marquez. Rider Repsol Honda ini sempat mengunci posisi kedua, saling adu salip dengan Martin. Namun, Marquez tergelincir dan jatuh beberapa saat menjelang lap terakhir di tikungan ke-7.

Drama juga sempat terjadi dimana ada kecelakaan yang melibatkan Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia, serta kecelakaan fatal antara Luca Marini dengan Alex Marquez.

Kabar terakhir dari race director, Marini harus dilarikan ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Jalannya Balapan

Francesco Bagnaia yang start dari posisi pertama kehilangan posisi di tikungan pertama. Adapun Marc Marquez yang start dari posisi kedua langsung melesat dan kemudian memimpin balapan.

Marquez kemudian dibuntuti oleh pebalap KTM Jack Miller di posisi kedua yang melesat dari posisi keempat saat start. Diikuti juga oleh pebalap Mooney VR46 Luca Marini di posisi ketiga dan Pecco Bagnaia di posisi keempat.

Di lap awal Miller kemudian menyodok dan berhasil menyalip Marquez. Drama di lap awal ini terus berlangsung hingga akhirnya Marquez kembali menyalip Miller dan kembali mempin balapan.

Di lap kelima posisi pertama ditempati Miller, kedua Marquez, ketiga Bagnaia, dan keempat Maverick Vinales usai menyalip Marini.

Tak lama kemudian Vinales menyalip Bagnaia. Bagnaia kemudian menekan di belokan keenam dan tersenggol Vinales hinga terjatuh dan membawa keduanya terseret sampai gravel.

Tampak Vinales mendekati Bagnaia namun juara dunia 2022 itu tak terima dan kesal dengan Vinales.

Di lap kedelapan, Marquez kehilangan posisi turun keempat setelah dipotong oleh Marco Bezzecchi yang kemudian membawa masuk Jorge Martin.

Di lap kesembilan posisi pertama Jack Miller diikuti Bezzecchi kedua dan Martin ketiga. Adapun Marquez bertahan di posisi keempat. Namun di lap ke-10 Bezzecchi turun posisi ketiga dan Martin kedua.

Di lap ke-11 Bezzecchi menggila dan berhasil menggunting Miller. Pebalap jebolan VR46 Academy tersebut kini berada di posisi pertama dan memimpin balapan.

Sementara itu, Marquez yang baru sembuh cedera patah ibu jari juga tampil menekan. Marquez kini berada di posisi kedua di belakang Bezzecchi dengan jarak 0,7 detik.

Bezzecchi semakin nyaman di depan dan membuat jarak 1,5 detik dari Marquez di posisi kedua. Adapun Marquez ditempel ketat oleh Miller yang menggunakan kombinasi ban soft depan belakang dengan gap 0,5 detik.

Di lap ke-17 jarak antara Bezzecchi dan Marquez menjauh jadri 1,8 detik. Adapun miller melorot keposisi tujuh setelah sebelumnya di posisi keenam. Diposisi ketiga kini ada Jorge Martin membuntuti Marquez.

Pebalap tuan rumah Fabio Quartararo berada di posisi kesembilan. Pebalap tim pabrikan Yamaha itu memulai start dari posisi belakang dan kesulitan untuk menekan ke depan.

Sisa delapan lap Bezzecchi semakin jauh memimpin dan membuat jarak nyaris 2,5 detik dari Marquez. Sedangkan Marquez sang juara dunia MotoGP 2019 itu dibuntuti terus oleh Martin yang semakin menekan.

Sisa enam lap posisi tiga terdepat belum berubah. Bezzecchi tetap bertahan memimin balap, bahkan jaraknya sempat menyentuh 3 detikan dari Marquez. Sedangkan Marquez sempat disodok oleh Martin.

Memasuki  lap terakhir, Marquez yang kehilangan posisi kedua setelah dilewati Martin, malah kehilangan grip ban dan tergelincir ke gravel, hingga harus gagal finis. Insiden ini menambah panjang catatan kecelakaan Marquez, yang baru saja sembuh dari cedera.

Hilangnya Marquez tentu membuat posisi Johann Zarco naik ke tempat ketiga, dan membuat pebalap tuan rumah ini bisa mengibarkan bendera Perancis di atas podium.

Hasil Balap MotoGP Perancis 2023:

1 Marco Bezzecchi ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
2 Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP23)
3 Johann Zarco FRA Pramac Ducati (GP23)
4 Augusto Fernandez SPA Tech3 GASGAS (RC16)*
5 Aleix Espargaro SPA Aprilia Factory (RS-GP23)
6 Brad Binder RSA Red Bull KTM (RC16)
7 Fabio Quartararo FRA Monster Yamaha (YZR-M1)
8 Fabio Di Giannantonio ITA Gresini Ducati (GP22)
9 Takaaki Nakagami JPN LCR Honda (RC213V)
10 Franco Morbidelli ITA Monster Yamaha (YZR-M1)
11 Danilo Petrucci ITA Ducati Lenovo (GP23)
12 Lorenzo Savadori ITA Aprilia Factory (RS-GP23)
13 Jonas Folger GER Tech3 GASGAS (RC16)
14 Jack Miller AUS Red Bull KTM (RC16)
Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V)
Alex Rins SPA LCR Honda (RC213V)
Joan Mir SPA Repsol Honda (RC213V)
Luca Marini ITA Mooney VR46 Ducati (GP22)
Alex Marquez SPA Gresini Ducati (GP22)
Francesco Bagnaia ITA Ducati Lenovo (GP23)
Maverick Viñales SPA Aprilia Factory (RS-GP23)

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/14/194748915/hasil-motogp-perancis-2023-bezzecchi-sempurna-marquez-jatuh-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke