Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mobil Dinas Presiden Jokowi yang Dipakai di Lampung Mercy Model Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) yang digunakan saat kunjungan ke Lampung adalah Mercedes Benz S600 Guard, generasi W221.

Sedan super aman tersebut dibawa melintasi jalanan di Lampung yang kondisinya kurang baik. Bahkan S600 terlihat sangat mumpuni melewati jalan yang ketinggiannya tidak rata.

Walaupun ada juga waktunya saat mobil tersebut tersangkut dan Jokowi melanjutkan dengan mobil yang lain. Memang mobil tersebut sebenarnya kurang cocok kalau dibawa ke medan jalan yang tidak rata.

Selain itu, sebenarnya S600 Guard yang digunakan adalah model lama, generasi W221. Kami juga melakukan konfirmasi ke pihak Mercedes Benz soal mobil presiden tersebut.

"Ini yang lama, yang dipakai ke Lampung, dari zaman SBY," ucap Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication & Public Relation at PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia kepada Kompas.com, Jumat (5/5/2023).

Soal mobil presiden, Jokowi sebenarnya sudah mendapatkan S Guard yang terbaru, sejak 2019. Generasi yang digunakan juga berbeda, W222, modelnya lebih modern dengan keamanan yang tinggi.

"Karena untuk kepresidenan, kita harus jaga kerahasiaannya (spesifikasi). Kan buat keamanan Pak Presiden kita," ucap Hari.

Tapi secara general, S-Guard memakai mesin V12 berkubikasi 6000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 530 tk dengan torsi 830 Nm. Kecepatan maksimal mampu mencapai 160 kpj.

Sisi kenyamanan didukung suspensi udara AIRMATIC, Anti Slip Regulation (ASR) serta Electronic Stability Program (ESP). Sebagai perlindungan ekstra, tersedia ban run-flat atau yang tetap bisa dipakai meski kempis hingga jarak sejauh 30,5 km.

Tapi soal spesifikasi yang khusus, tentu ada penyesuaian dengan kebutuhan. Tapi untuk keamanan, spesifikasi tadi tidak dijelaskan secara rinci.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/05/06/120200315/mobil-dinas-presiden-jokowi-yang-dipakai-di-lampung-mercy-model-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke