Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Dekat Rombongan Motor Ugal-ugalan, Bisa Ikut Celaka

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika sedang berkendara di jalanan, ada saja bahaya yang ditemukan, bahkan bisa datang dari pengguna jalan lain.

Contoh, bisa dilihat pada video yang diunggah akun Agoez_bandz4 di Instagram. Terlihat ada rombongan pengendara motor sedang berjalan, sambil geber-geber motornya saat ada kendaraan lain melintas.

Tidak berselang lama, pengendara motor di depan perekam tampak menabrak kendaraan lain. Efeknya, karena rombongan yang sangat rapat, tabrakan beruntun tidak bisa dihindari, seperti permainan karambol.

Lalu bagaimana kondisinya ketika lagi berkendara tiba-tiba ada rombongan pengendara motor yang ugal-ugalan mendekati?

Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana mengatakan, pengguna jalan lain contohnya rombongan pengendara motor bisa jadi sumber bahaya, lebih baik menghindar.

"Kita harus menghindar dari kerumunan motor tersebut. Usahakan untuk jaga jarak, terutama jarak pengereman dan jarak aman pandangan mata kita," ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (28/4/2023).

Jaga jarak yang aman dilakukan agar saat terjadi kondisi darurat di depan, seperti tabrakan yang harus rem mendadak, masih bisa menghindar dengan aman.

"Sebisa mungkin kita keluar dari gerombolan motor yang jaraknya terlalu dekat. Kemudian pandangan kita harus fokus ke depan dan bisa melihat area depan dengan aman, jika memungkinkan mendahului sebaiknya kita dahului," ucapnya.

Jika pengendara terlalu mepet, maka jarak pengereman tidak cukup, berisiko terlibat tabrakan beruntun karena tidak bisa menghindar. Sudah terlihat jelas di video, jarak mepet bisa membuat celaka, padahal bisa dihindari.

"Kita harus bisa mengenali potensi bahaya saat berkendara, obkek yang berada tepat di depan kendaraan merupakan bahaya langsung. Maka untuk mengantisipasi bahaya langsung kita harus menghindar agar aman," ucap Agus.

Jadi, saat bertemu gerombolan motor, lebih baik keluar dari situasi tersebut. Pengendara bisa sedikit mengerem, dibiarkan lewat atau menyalip kalau situasinya memungkinkan.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/29/090200815/jangan-dekat-rombongan-motor-ugal-ugalan-bisa-ikut-celaka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke