Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mudah Memeriksa Kondisi Freon AC Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mengemudi, kesejukan AC mobil bisa menentukan nyaman atau tidaknya perjalanan. AC tidak dingin tentu bisa membuat gerah dan mengganggu.

Supaya AC tetap sejuk dan dingin, bagian yang paling harus diperhatikan adalah jumlah gas freon. Jika freon AC habis, mobil hanya bisa menghembuskan angin saja dan tidak bisa sejuk.

Nizar Muzaki, Teknisi Bengkel Spesialis AC Dokter Mobil membagikan beberapa tips mudah yang bisa dilakukan oleh pengguna mobil untuk memeriksa kapasitas freon AC mobil.

“Banyak yang ngira freon AC itu sulit diperiksa, padahal enggak kok. Pengguna awam bisa memeriksa lewat 4 cara,” katanya kepada Kompas.com, Jumat (31/3/2023).

Cara yang pertama, yaitu memeriksa kondisi selang AC mobil, biasanya terletak di bagian samping kiri mesin dan memiliki label 'L'. Cara ini mudah dan bisa dilakukan secara visual, pengguna cukup perhatikan selang yang berbahan logam stainless steel.

“Selang itu berfungsi menyalurkan freon. Kalau jumlah freon masih banyak, harusnya selang itu dingin saat disentuh bahkan ada embun es di sekelilingnya,” kata Zaki.

Cara yang kedua, memperhatikan lubang kaca kecil yang ada di selang freon, selang ini memiliki label 'H'. Zaki menjelaskan, komponen ini biasanya hanya ada di mobil-mobil besar seperti SUV.

“Coba hidupkan mobil dan nyalakan AC dulu, kemudian perhatikan bagian lubang di selang. Kalau masih terlihat ada busa yang bergerak, seharusnya jumlah freon masih aman,” ucapnya.

Cara ketiga, yakni memeriksa fungsi otomatis AC pada mobil. Komponen ini berfungsi untuk mengatur perpindahan suhu AC berdasarkan input dari pengemudi.

“Kalau otomatis AC masih normal, harusnya perpindahan suhu lancar. Misalnya, ada perbedaan hembusan dari suhu tinggi ke rendah atau sebaliknya. Kalau normal dan tanpa kendala, harusnya masih aman,” ucap Zaki.

Langkah yang terakhir tentunya mendengarkan bunyi AC mobil saat awal dinyalakan. Biasanya, freon yang mau habis akan menimbulkan bunyi menggerung yang halus ketika AC dinyalakan.

“Ada bunyi gerung halus saat AC nyala. Tes ini harusnya yang paling mudah karena bisa langsung diketahui. Pokoknya, terasa ada bunyi yang berbeda ketika AC hidup dan AC mati,” kata Zaki.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/04/01/041200115/4-cara-mudah-memeriksa-kondisi-freon-ac-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke