Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melatih Kesabaran Saat Berkendara, Jangan Gampang Emosi di Jalan

JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara di Indonesia bisa dibilang butuh kesabaran ekstra besar. Bukan cuma soal macetnya, tapi kelakuan pengguna jalan lain kadang membuat resah, sampai sering ditemui juga yang sumbu pendek.

Lalu bagaimana cara agar bisa melatih kesabaran di jalan raya, terutama untuk pengendara motor?

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi jalanan dipenuhi oleh banyak orang, tentunya punya karakter yang berbeda-beda, jadi cukup sulit menjaga kondisi tetap kondusif.

"Melatih kesabaran itu bisa dilakukan apabila saat awal berkendara kita paham tujuannya. Jika tujuan kita ingin selamat di tempat yang kita tuju, maka pastinya akan lebih berhati-hati dan lebih sabar di jalan," ucap Agus kepada Kompas.com, Jumat (24/3/2023).

Menurut Agus, harus ditanam mindset lebih baik terlambat satu menit daripada hilang nyawa selamanya. Jadi tidak ada yang namanya buru-buru di jalanan, fokus pada keselamatan diri sendiri.

Lalu, penyebab sulitnya bersabar di jalanan ini juga berpengaruh pada pendidikan berkendara aman yang tidak disampaikan sejak sekolah. Jadi sulit rasanya buat bersabar ketika berada di jalan raya.

"Pengendara hanya tahu cara mengoperasikan kendaraan namun tidak paham cara berkendara yang aman, karena semua pengendara motor di Indonesia belajar secara otodidak," ucap Agus.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/24/184100615/melatih-kesabaran-saat-berkendara-jangan-gampang-emosi-di-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke