Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bagaimana Cara Merawat Kaca Film Mobil?

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film merupakan ornamen yang wajib dipasang pada kendaraan zaman sekarang. Setiap mobil yang ada biasanya sudah memakai lapisan tambahan di kaca kendaraan ini.

Kaca film dipasang di bagian dalam dari kaca. Fungsinya bisa menolak panas bahkan memberikan privasi yang baik untuk pengemudi maupun penumpang karena bisa memilih tingkat kegelapan.

Soal kaca film, ternyata perlu juga dirawat agar bisa tahan lebih lama dan tidak berjamur yang membuat tampilannya kurang enak dilihat.

Marketing Promotion Wincos Indonesia Siswanto memberikan tips dalam merawat kaca film yang benar. Ternyata, tidak terlalu sulit dan bisa menggunakan alat yang ada di rumah.

"Kalau kaca film kotor itu dilap saja pakai air bersih dan handuk atau microfiber, itu sudah cukup," ucap Siswanto di Jakarta belum lama ini.

Mengenai penggunaan air sabun, Siswanto kurang menyarankan hal tersebut. Takutnya, ada lapisan dari kaca film yang lama-lama rontok karena bahan yang terkandung di sabun.

"Takutnya mempengaruhi, anti gores di kaca film bisa luntur. Lebih baik pakai air bersih saja cukup," ucap Siswanto.

Kaca film biasanya juga punya usia pakai, semakin lama, maka kemampuan menahan panasnya jadi berkurang. Biasanya perlu dilakukan penggantian antara lima tahun sampai 10 tahun.

"Idealnya kaca film lima tahun itu sudah ada penurunan warna, kualitas, daya tolak panasnya," kata Siswanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/17/110200615/bagaimana-cara-merawat-kaca-film-mobil-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke