Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Generasi Baru Siap Meluncur, Cek Harga Agya dan Ayla Bulan Ini | Video Ambulans Terhalang Pengemudi Wanita Saat Sedang Bertugas

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga mobil murah ramah lingkungan alias low cost green car (LCGC), direncanakan bakal naik dengan acuan hingga Rp 5 juta oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Langkah ini dilakukan seiring meningkatnya harga produksi, pengolahan, bahan mentah, sampai inflasi.

Namun jumlah tersebut merupakan hasil perhitungan kasar dari angka penyesuaian yang telah ditetapkan, yakni 5 persen dari acuan harga sebelumnya, Rp 135 juta (Permenperin No.36 Tahun 2021).

Selain itu, beredar di media sosial video yang memperlihatkan mobil ambulans terhalang oleh pengemudi wanita di salah satu ruas jalan. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram bernama @dashcamindonesia, Jumat (3/3/2023).

Dalam tayangan tersebut terlihat satu unit ambulans yang hendak melintas di salah satu ruas jalan sambil membunyikan sirene. Ambulans tersebut diketahui sedang membawa pasien yang sudah tidak sadarkan diri.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu 4 Maret 2023

1. Generasi Baru Siap Meluncur, Cek Harga Agya dan Ayla Bulan Ini

Nah, untuk Maret 2023 sendiri, banderol LCGC masih stabil. Belum ada perubahan harga yang terjadi dari tiga pabrikan meski wacana kenaikan sudah bergulir.

Honda masih memasarkan Brio Satya seperti Februari lalu. Harga terendahnya dijual sebesar Rp 159,1 juta, dan Rp 189,7 juta untuk varian tertinggi dengan transmisi CVT. Demikian juga untuk Toyota dan Daihatsu.

Meski sesaat lagi bakal meluncurkan generasi baru dari Agya dan Ayla, tapi banderol lawasnya masih bertahan. Agya dipasarkan dari Rp 159,7 juta hingga Rp 181,5 juta. Sementara untuk Ayla, tipe terendah di jual Rp 115,55 juta sementara varian terlengkap Rp 175,3 juta.

2. Video Ambulans Terhalang Pengemudi Wanita Saat Sedang Bertugas

Namun, di tengah perjalanan terhalang oleh satu unit mobil Toyota Rush yang dikendarai oleh seorang wanita.

Pengemudi wanita tersebut terlihat tidak menepikan kendaraannya, padahal di sisi kiri jalan masih terdapat ruang untuk menghindar. Bahkan pengemudi mobil Rush itu sampai dibantu oleh penumpang mobil dari arah berlawanan dan warga sekitar. 

3. Asal Muasal Pemerintah Naikkan Harga LCGC

Pemerintah RI melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berencana menyesuaikan acuan harga atau celling price Low Cost Green Car (LCGC) sekitar lima persen dalam waktu dekat.

Keputusan tersebut seiring dengan adanya peningkatan biaya produksi, material atau bahan baku, inflasi, dan sebagainya.

Sehingga LCGC terap bersaing dan juga relevan untuk masyarakat dan industri yang bersangkutan. Demikian dikatakan oleh Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin RI Taufiek Bawazier dalam The 4th Automotive Indonesia-Japan.

4. Chery Kasih Kesempatan Terakhir Harga Spesial Pemesanan Omoda 5

Harga spesial untuk Chery Omoda 5 awalnya hanya berlaku pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Namun, PT Chery Sales Indonesia (CSI) ternyata berubah pikiran dan masih memberlakukan harga spesial tersebut.

Akhir pekan ini, Sabtu (4/3/2023) dan Minggu (5/3/2023), CSI menggelar 'Omoda 5 Weekend Experience' di Oguri Cafe, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Chery kembali memberikan kesempatan bagi para konsumen yang masih penasaran dengan Omoda 5.

5. Belajar dari Kecelakaan Adu Banteng Moge dan Bus, Saat Menyalip Ingat Rumus Ini

 Beredar kabar telah terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan satu unit motor besar atau moge dengan bus antar kota antar provinsi (AKAP) di area Taman Nasional Baluran-Situbondo, Jumat (3/3/2023).

Berdasarkan keterangan saksi yang ditulis di akun Twitter @NiemasWibowo, hujan turun sangat lebat ketika moge dan bus tabrakan adu banteng.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/03/05/071454115/populer-otomotif-generasi-baru-siap-meluncur-cek-harga-agya-dan-ayla-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke