Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mencoba Motor Baru Royal Enfield Scram 411 di IIMS 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Royal Enfield resmi meluncurkan Scram 411 di IIMS 2023. Motor dengan desain mirip Himalayan ini dibanderol mulai Rp 130 jutaan, tergantung livery yang dipilih.

Pada IIMS 2023 pun disediakan unit test ride bagi yang mau mencoba motor barunya Royal Enfield tersebut. Pengunjung tinggal mendaftarkan diri sambil melampirkan SIM C dan bisa langsung mencobanya.

Kami pun penasaran ingin mencoba Royal Enfield Scram 411 yang ada di tenda Royal Enfield. Secara tampilan, Scram 411 memang mirip Himalayan namun tanpa windshield di atas lampu depan.

Tapi, masih ada perbedaan lain antara Scram 411 dengan Himalayan. Misal cover lampu depan, instrument cluster, sampai ukuran pelek depan yang lebih kecil yakni 19 inci (Himalayan 21 inci).

Soal dapur pacu, Scram 411 mengambil utuh dari Himalayan, jadi basisnya sama. Mesin 411cc satu silinder menghasilkan 24,3 TK pada 6.500 rpm dan torsi maksimum 32 Nm pada 4.500 rpm.

Ketika kami coba, posisi duduk dari Scram 411 bisa dibilang lebih rendah dari Himalayan karena penggunaan pelek yang lebih kecil. Tentu hal ini bisa membuat pengendara lebih nyaman karena kaki redaksi bisa menapak sempurna (tinggi redaksi 178 cm).

Untuk posisi kaki memang sedikit mundur, tapi tidak seperti motor sport, masih terbilang nyaman. Kemudian untuk setang, dipasang tinggi sehingga membuat tangan lebih rileks memegang.

Saat dipakai jalan di trek test ride, kopling dari Scram relatif ringan, tidak menyulitkan saat dilepas atau ditarik. Tenaga dan torsi pun langsung nendang di tarikan awal gas, sepertinya motor akan enak dibawa harian.

Soal getaran mesin, memang ketika kami buka gasnya dalam saat diam, terasa sedikit getaran. Tapi saat dipakai jalan, terutama di putaran mesin yang tidak terlalu tinggi, getarannya tidak mengganggu.

Sayangnya area tes kurang lega, kami cuma bisa memakai gigi satu dan dua. Tapi area yang sempit ini bisa redaksi pakai untuk tes manuver saat jalanannya yang kecil dan Scram 411 masih mumpuni dipakai manuver.

Soal peredaman jalan, Scram 411 memakai suspensi depan teleskopik 41 mm, sedangkan suspensi belakang pakai monosok dengan setelan preload. Ketika melewati jalanan yang tidak terlalu rata, masih aman, diredam dengan baik.

Secara keseluruhan, Scram 411 bisa jadi motor harian yang nyaman. Selain itu, tampilannya yang bergaya klasik petualang juga jadi pembeda di jalanan, bisa jadi pusat perhatian.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/24/110200415/mencoba-motor-baru-royal-enfield-scram-411-di-iims-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke