Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Plus Minus Ban Mobil Pakai Cairan Anti Bocor

JAKARTA, KOMPAS.com - Cairan anti bocor pada ban sering dijumpai di pasaran. Dengan cairan tersebut diharapkan tidak mengalami bocor di jalan sehingga segala urusan menjadi lancar.

Penggunaan cairan anti bocor tentu saja menguntungkan karena dapat memampatkan lubang yang ada pada ban. Sehingga, angin di dalam ban tidak langsung habis begitu terluka.

Meski demikian, ada efek samping yang harus diketahui oleh pengguna cairan anti bocor. Seperti apa plus minus menggunakan cairan anti bocor pada ban mobil?

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk. Zulpata Zainal, mengatakan penggunaan cairan anti bocor tidak direkomendasikan, kecuali untuk jangka waktu sementara.

“Cairan anti bocor pada ban ini sebenarnya zat kimia juga, ada beberapa yang bisa merusak pelek, itu dari hasil uji coba yang kami lakukan, memang benar pelek tersebut menjadi tidak bisa digunakan karena korosi,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, Selasa (21/2/2023).

Dia mengatakan cairan anti bocor termasuk zat kimia yang keras tidak cocok bila bersinggungan dengan pelek, namun untuk pemakaian sementara tidak masalah.

“Untuk sementara tidak masalah, bagaimana pun cairan tersebut dapat menutup lubang di ban, yang kami sarankan bisa menggunakan yang jenis aerosol bukan cairan, dipakainya bareng saat pengisian angin ban,” ucap Zulpata.

Begitu sudah sampai rumah atau tempat tambal ban yang kepercayaan, maka cairan tersebut perlu dibersihkan dan ban ditambal dengan benar.

“Ban dibongkar, dibersihkan dari zat kimia tersebut, pelek juga dibersihkan, setelah itu ban ditambal dengan metode yang benar, begitu cara amannya,” ucap Zulpata.

Jadi, cairan anti bocor pada ban mobil ini memang memiliki kelebihan bisa menyumbat lubang yang ada pada ban akibat tertusuk paku, namun itu sifatnya sementara saja. Karena cairan tersebut memiliki kekurangan dapat merusak pelek bila digunakan dalam jangka panjang.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/21/191200015/plus-minus-ban-mobil-pakai-cairan-anti-bocor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke