Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Beda Harga Jok Mobil Bahan Kulit Asli dan Kulit Sintetis

JAKARTA, KOMPAS.com - Variasi pelapis jok cukup diminati konsumen pengguna mobil. Biaya yang dibutuhkan untuk variasi jok mobil tersebut juga beragam dan tergantung material jenis apa yang digunakan.

Umumnya, material kulit sintetis (leatherette) dan kulit asli (genuine leather) adalah yang paling diminati oleh konsumen

"Peminat variasi jok banyak, dan bahan yang paling sering dipakai itu bahan kulit sintetis atau kulit asli," ujar Mansur, pemilik dari bengkel variasi jok mobil Surya Kencana Motor Tangerang pada Kompas.com, Senin (13/2/2023).

Mansur menambahkan, dirinya selalu menjelaskan kelebihan dan kekurangan yang ada pada setiap bahan kepada konsumen sebelum proses pemasangan.

Dalam hal ini, Mansur mengakui bahan kulit asli, meskipun nampak lebih elegan, memiliki tingkat perawatan yang jauh lebih sulit dibandingkan bahan kulit sintetis.

"Kulit asli itu lebih manja dan keras kalau dibandingkan sama yang sintetis. Kulit asli juga bisa berjamur dan butuh perawatan rutin setiap 6 bulan sekali supaya tetap kinclong," ujarnya.

Untuk segi biaya, harga yang ditawarkan tentu tergantung dari jenis mobil. Bahan kulit asli dan kulit sinetis memiliki perbedaan harga yang cukup jauh.

Mansur mengambil contoh Toyota Agya sebagai patokan harga pemasangan variasi jok. Untuk bahan kulit sintetis, harganya berkisar di kisaran Rp 1,8 juta sampai Rp 2,4 juta.

Sedangkan untuk bahan kulit asli harganya bisa mencapai tiga kali lipat harga kulit sintetis, yakni sekitar Rp 5,5 juta ke atas.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/13/193100215/beda-harga-jok-mobil-bahan-kulit-asli-dan-kulit-sintetis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke