Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumsi BBM Husqvarna Svartpilen 250 Dipakai Harian

JAKARTA, KOMPAS.com - Husqvarna Svartpilen 250 menjadi lini produk Husqvarna yang bermain di segmen naked bike. Jadi berbeda dengan saudaranya yang kebanyakan untuk offroad, Svartpilen cocok dipakai di jalan aspal.

Redaksi Kompas.com pun dapat kesempatan untuk menguji Svartpilen 250 untuk pemakaian sehari-hari. Secara keseluruhan, motor dengan mesin 250cc ini mumpuni dipakai harian, tapi bukan untuk waktu yang panjang.

Secara mesin, Svartpilen memiliki tenaga 31 TK dan torsi 24 Nm. Pada pemakaian sehari-hari, tenaga dan torsi tadi sangat mumpuni, torsi bisa didapatkan di putaran mesin berapa saja.

Lalu bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?

Kami juga menghitung seberapa hemat Husqvarna Svartpilen untuk dipakai harian. Metode yang digunakan adalah full to full, artinya tangki diisi sampai penuh lalu dipakai jalan dan diisi kembali sampai titik yang sama.

Rute yang dilewati adalah dari daerah Jakarta Pusat sampai ke Bogor dan dibawa berkeliling di Kota Bogor. Kondisi jalan bervariasi, ada yang macet saat jam pulang kerja dan sepi.

Gaya berkendara yang dipilih juga bukan eco-riding, jadi sesuai kondisi saja. Ada kalanya santai saat di perkotaan, namun menarik gas dalam saat menemui jalanan yang sepi.

Setelah beberapa hari dites, kami berhasil menempuh jarak 123,5 Km. Lalu, kami pun kembali mengisi tangki Svartpilen dengan BBM RON 92 sebanyak 4,403 liter.

Jadi kalau dihitung, konsumsi BBM Husqvarna Svartpilen 250 adalah 28,05 kilometer per liter (Kpl). Sedangkan, berdasarkan catatan di MID, rata-rata konsumsi BBM-nya adalah 2,6 liter/100 Km atau setara 38,4 Kpl.

Memang kalau dibandingkan terpaut jauh sekali antara hasil tes full to full dengan MID. Tapi kenyataannya memang begitu, tangki Svartpilen 250 ini juga cenderung kecil, cuma 9,5 liter.

Tapi, untuk sekelas motor 250cc satu silinder, konsumsi 28 Kpl bisa dibilang cukup hemat. Apalagi dengan performa yang didapatkan, rasanya sepadan dengan konsumsi BBM tersebut.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/02/08/164100615/konsumsi-bbm-husqvarna-svartpilen-250-dipakai-harian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke