Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Krisis Cip Semikonduktor, Honda Setop Pemesanan Civic Type R

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda Civic Type R dikabarkan akan menjadi Civic terakhir bermesin konvensional. Sedan sport ini peminatnya sangat tinggi hingga pemesanannya terpaksa dihentikan.

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (20/1/2023), Civic Type R berhasil mencatatkan angka pemesanan yang tinggi di Jepang. Kondisi ini memaksa Honda untuk menutup pemesanan hingga jangka waktu yang belum ditentukan.

"Mohon maaf atas penangguhan sementara pesanan bagi pelanggan yang mempertimbangkan Civic Type R. Terima kasih telah mempertimbangkan kendaraan kami. Sejak diluncurkan, Civic Type R telah diterima dengan baik oleh pelanggan, dan kami telah menerima pesanan dalam jumlah besar. Di sisi lain, karena dampak penyebaran infeksi virus corona baru, kekurangan semikonduktor yang kronis, kedatangan suku cadang yang tidak stabil, dan keterlambatan logistik, sulit untuk memperkirakan produksi di masa mendatang," tulis pernyataan resmi Honda.

"Untuk memastikan pengiriman Civic Type R ke semua pelanggan yang telah melakukan pemesanan, kami menghentikan sementara penerimaan pesanan. Mengenai dimulainya kembali pesanan, kami akan menginformasikan kembali berdasarkan situasi produksi di masa mendatang. Kami sangat meminta maaf karena menyebabkan ketidaknyamanan yang besar bagi pelanggan yang sedang mempertimbangkannya. Terima kasih atas pengertian Anda," lanjutnya.

Meski demikian, kondisi ini ternyata tidak berdampak pada pemesanan Civic Type R di negara lain, seperti Amerika Serikat. Sebab, kuota untuk negara tersebut memang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Pasar Jepang berbeda, di mana konsumen memesan langsung via Honda Motor atau diler. Sedangkan Amerika, kami mengalokasikan produk ke diler, dan mereka menjualnya ke konsumen. Produksi Type R sudah dialokasikan di Amerika sejak awal dalam jumlah terbatas, dan itu akan berlanjut," ujar perwakilan Honda.

Selain Honda, sebelumnya Toyota juga dikabarkan menahan pemesanan Lexus karena masalah yang sama, yakni krisis cip semikonduktor.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/20/182133615/krisis-cip-semikonduktor-honda-setop-pemesanan-civic-type-r

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke