Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Toyota Kuasai Pasar Mobil Indonesia, Hyundai Salip Wuling | Berlaku Tahun Ini, Begini Skema Transaksi Bayar Tol Nirsentuh

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota berhasil kembali menjadi merek kendaraan roda empat atau lebih paling laris di Indonesia sepanjang 2022, dengan penguasaan 32 persen dengan rata-rata penjualan 330.000 unit.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama 12 bulan penuh, distribusi mobil dari pabrik ke diler alias wholesales perseroan mencapai 331.410 unit. Jauh meninggalkan para pesaingnya yang rata-rata berada di 150.000 unit.

Demikian pula untuk penjualan ritel alias dari diler ke konsumen. Toyota berhasil mencapai total penjualan 329.498 unit. Sementara, pesaing terdekatnya yaitu Daihatsu dan Honda masing-masing 202.665 unit serta 131.280 unit.

Selain itu, rencananya, tahun ini akan mulai diberlakukan sistem transaksi tol nirsentuh secara bertahap.

Sistem ini mengizinkan penggunanya untuk bisa menggunakan tol tanpa perlu membuka kaca untuk melakukan pembayaran.

Pembayaran akan dilakukan secara otomatis melalui aplikasi di ponsel dengan pengenalan data kendaraan lewat satelit.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Kamis, 13 Januari 2023 :

1. Toyota Kuasai Pasar Mobil Indonesia, Hyundai Salip Wuling

Meski begitu, baik Daihatsu maupun Honda masih mempertahankan penguasaan pasar alias market share, berurutan 19 persen dan 12,5 persen.

Artinya kedua merek ini sangat konsisten menjaga kinerjanya di Indonesia selama Januari-Desember 2022 kemarin. Sementara pada posisi keempat, diisi Mitsubishi Motors yang berhasil melego 97.936 unit penjualan ritel dan 99.051 unit untuk wholesales-nya.

Selisih cukup tipis dari Suzuki yang tepat berada di bawahnya dengan 90.408 unit. Posisi enam merek mobil terlaris ada Mitsubishi Fuso dengan penjualan 37.566 unit dan ketujuh ditempati Isuzu dengan 36.646 unit.

2. Berlaku Tahun Ini, Begini Skema Transaksi Bayar Tol Nirsentuh

Tepatnya dengan menggunakan sistem server berbasis teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS). Untuk itu, pengguna jalan tol perlu mengunduh dan mendaftar data pribadi melalui aplikasi Cantas. Aplikasi tersebut dikembangkan oleh Kementerian PUPR. 

"Setiap kendaraan yang lewat tol akan langsung terdeteksi oleh teknologi itu, dan otomatis saldo e-wallet pengendara akan dipotong oleh sistem tersebut," ucap COO Roatex, Andras Szabo dalam keterangannya.

3. Suzuki Siapkan Mobil Listrik Berbasis eVX, Punya Jarak Tempuh 550 Km

Suzuki nampaknya mulai serius menghadapi era mobil listrik. Hal ini dibuktikan dengan memamerkan mobil listrik konsep eVX di Auto Expo 2023, yang diadakan di New Delhi, India.

Bahkan, perusahaan otomotif asal Jepang itu menjadwalkan versi produksi mobil ini akan diperkenalkan ke pasar pada 2025.

“Saya senang memperkenalkan eVX, EV strategis global pertama kami. Ini kemungkinan berarti versi produksi yang diharapkan pada tahun 2025, akan ditawarkan di pasar Eropa dan Asia,” ucap Toshihiro Suzuki, President Suzuki Motor Corporation, dikutip dari Carscoops, Rabu (11/1/2023).

4. Pabrik Tesla di Indonesia, Sudah Menyentuh Kesepakatan Awal

Tesla dikabarkan sudah mendekati kesepakatan awal untuk mendirikan pabrik mobil listrik di Indonesia. Pabrik ini disebutkan akan memproduksi 1 juta kendaraan tiap tahunnya.

Dikutip dari Finance.yahoo.com, Kamis (12/1/2023), CEO Tesla Elon Musk ingin memanfaatkan cadangan bahan baku logam baterai utama di Indonesia.

Sejalan dengan ambisi Tesla untuk membuat setiap pabrik di dunia memproduksi 1 juta kendaraan per tahun. Selain itu, investasi ini juga menyasar pembangunan rantai pasok industri kendaraan listrik global.

5. Karoseri Laksana Luncurkan Bus Baru Pesanan PO Sahaalah

Karoseri Laksana baru saja meluncurkan satu unit bus baru untuk menambah armada perusahaan Otobus (PO) Sahaalah.

Bus baru rancangan karoseri yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah tersebut menggunakan bodi Legacy SR3 HD Prime double glass.

Secara tampilan, bus baru PO Sahaalah tetap menggunakan ciri khas dari bodi SR3 double glass yaitu dilengkapi dengan LED, baik itu lampu utama, sein, sampai fog lamp.

https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/13/060200915/-populer-otomotif-toyota-kuasai-pasar-mobil-indonesia-hyundai-salip-wuling

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke