Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pentingnya Truk dan Bus Memahami Teknik Berkendara di Jalan Menurun

SURABAYA, KOMPAS.com - Kecelakaan bus dan truk kerap terjadi di jalan menurun. Hampir semua peristiwa disebabkan karena rem blong.

Dari temuan KNKT di lapangan, banyak kejadian kecelakaan disebabkan kesalahan pengemudi mengoperasikan bus dan truk yang menggunakan gigi tinggi saat jalan menurun.

Lantas, bagiamana teknik yang benar ketika berkendara bus dan truk di jalan menurun?

Investigator Senior Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Achmad Wildan mengatakan, ada beberapa elemen penting agar bus dan truk selamat melewati jalan menurun.

“Pertama, pahami cara kerja sistem rem yang ada pada kendaraan, dengan demikian pengemudi akan memahami apa yang akan terjadi ketika terlalu sering mengandalkan rem utama di jalan menurun,” ucap Wildan dalam sebuah Webinar ‘Fenomena Rem Blong dan Fakta Kecelakaan Bus & Truk’ di ITS.

Wildan mengatakan, hal tersebut penting untuk dipahami pengemudi, pasalnya kebanyakan bus dan truk dibekali rem angin semi hidrolik.

“Dari jenis rem tersebut, bila rem utama dipaksakan bekerja terlalu keras akan berakibat mengalami brake fading, tekor angin dan vapour lock, jadi ketiga jenis rem blong bisa terjadi pada satu kendaraan sekaligus,” ucap Wildan.

Wildan juga mengatakan, perlu memahami lintasan yang akan dilalui sehingga pengemudi bisa memperkirakan manuver apa yang sebaiknya diambil sebelum memasuki kawasan rawan kecelakaan.

“Bila pengemudi belum pernah melewati lintasan tersebut maka penting untuk memperhatikan rambu, bila memang turunan pastikan sudah menggunakan gigi rendah sebelum memasuki jalan menurun,” ucap Wildan.

Selain itu, dia juga mengatakan pengemudi harus memahami teknik mengemudikan truk dan bus saat melewati jalan menurun.

“Pengemudi juga harus paham, bahwa melewati jalan menurun membutuhkan teknik yang berbeda, khususnya untuk menghambat laju kendaraan, tidak bisa jika mengandalkan rem utama saja, karena itu akan membuat rem bekerja terlalu berat,” ucap Wildan.

Ada cara tersendiri agar bus dan truk bisa selamat melewati jalan menurun. Mulai dari mengandalkan engine brake, atau retarder bila ada.

Jadi, kunci selamat berkendara bus dan truk di jalan menurun ada dipemahaman pengemudi atas sistem rem kendaraan, lintasan jalan, serta teknik mengemudi di jalan menurun.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/12/11/112100115/pentingnya-truk-dan-bus-memahami-teknik-berkendara-di-jalan-menurun-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke