Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Potret Motor MotoGP Suzuki yang Berakhir Jadi Rongsokan

Pabrikan Jepang ini kabarnya undur diri dengan alasan kondisi finansial. Alasan tersebut sama seperti ketika Suzuki pamit dari MotoGP di akhir musim 2011.

Padahal, di seri akhir MotoGP 2022 Suzuki menorehkan hasil gemilang, di mana salah satu pebalapnya yakni Alex Rins berhasil meraih podium pertama di MotoGP Valencia.

Meski begitu, kemenangan tersebut tidak mengubah keputusan Suzuki untuk mundur dari MotoGP.

Sebelumnya, Alex Rins ngotot ingin bawa pulang motor balap Suzuki GSX-RR setelah MotoGP 2022 untuk dipajang di ruang tamunya. Namun, hal tersebut tidak dapat direalisasikan. Bahkan mirisnya, kini motor balap Suzuki itu terlihat dibuang di tempat barang rongsokan.

Manajer Tim Suzuki Ecstar Livio Suppo mengatakan, beberapa unit motor Suzuki MotoGP 2022 akan dipajang di museum, sementara sisa motor lainnya akan dilebur, termasuk semua suku cadang.

“Beberapa Suzuki GSX-RR yang berharga diletakkan di Museum Suzuki, spesimen lainnya akan berakhir di tempat pembuangan sampah, bersama dengan tumpukan suku cadang,” ucap Suppo dikutip dari Speedweek, Sabtu (19/11/2022).

Menurut Suppo, tim pabrikan asal Jepang memang sudah sering melakukan hal tersebut karena alasan pajak.

“Karena motor GP sudah tidak bisa digunakan, maka akan dimusnahkan. Sayangnya, itu bukan kemungkinan yang samar-samar, tapi fakta yang terbukti. Beberapa mesin GP akan dihapus,” katanya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/19/074200115/potret-motor-motogp-suzuki-yang-berakhir-jadi-rongsokan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke