Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Subaru Rex, Saudara Kembar Daihatsu Rocky dari Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Daihatsu Rocky ternyata terlahir bukan sebagai kembar tiga dengan Toyota Raize dan Perodua Ativa. Belum lama ini, muncul kembaran yang keempat, yakni Subaru Rex.

Dikutip dari Paultan.org, Sabtu (12/11/2022), Subaru baru saja meluncurkan SUV terbarunya, yakni Rex, yang juga menggunakan platform DNGA. SUV ini tidak dijual di negara lainnya alias berstatus Japan Domestic Market (JDM).

Tapi, nama Rex sendiri sebenarnya sudah pernah digunakan oleh Subaru dalam menamai kei car yang dipasarkan di beberapa negara pada tahun '70-an.

Secara desain, baik eksterior maupun interior, Subaru Rex sama persis dengan Daihatsu Rocky yang dipasarkan di Jepang.

Namun, sedikit berbeda dengan Rocky dan Raize yang memiliki dua pilihan mesin. Untuk Rex, hanya tersedia satu mesin, yakni mesin berkode WA-VE.

Mesin 1.200 cc, 3-silinder tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 85,8 tk pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.500 rpm. Tenaganya disalurkan ke roda depan melalui transmisi CVT. Subaru mengklaim konsumsi BBM dari Rex mencapai 23,6 kilometer per liter.

Rex dilengkapi dengan pilihan pelek 16 inci dan 17 inci, lampu depan LED, lampu kabut LED, rem tangan manual atau elektronik, dan beberapa fitur lainnya yang tak jauh berbeda dengan Rocky.

Terkait teknologi Advanced Driver Assistance System (ADAS), Subaru menyebutkan akan menggunakan teknologinya sendiri, yakni EyeSight.

Beberapa fitur yang meliputinya, seperti blind spot monitor, autonomous emergency braking, traffic sign recognition, high beam assist, adaptive cruise control, lane keeping assist, lane departure warning, road departure warning and rear cross traffic alert, panoramic view monitor, dan parking assist.

Subaru menyebutkan bahwa produk OEM yang sama dengan Daihatsu. Meski menyasar segmen LSUV, tapi mobil ini tidak ditargetkan banyak, hanya 150 unit per bulan.

Soal harga, Subaru Rex dibanderol 1,82 juta yen hingga 2,171 juta yen, atau kisaran Rp 200 jutaan hingga Rp 242 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/12/092200015/subaru-rex-saudara-kembar-daihatsu-rocky-dari-jepang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke