Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bikin Campervan pakai Sasis Truk Engkel, Pastikan Khusus Penumpang

BOGOR, KOMPAS.com - Membuat campervan bisa dari kendaraan penumpang biasa dan juga sasis truk engkel atau empat roda. Untuk sasis engkel, sebenarnya lebih cocok karena dimensinya yang masih kompak dengan bagian kabin yang bisa dibuat lebih lega.

Namun, ketika membeli sasis engkel, jangan sampai salah pilih. Saat ini, sasis engkel tersedia untuk kendaraan barang maupun penumpang, dan keduanya berbeda jika digunakan sebagai campervan.

Abdulrojak, Sales Consultant Karoseri Delima Mandiri mengatakan, secara dimensi sasis engkel untuk barang dan orang sebenarnya tidak jauh beda, tapi soal kenyamanan berbeda.

"Sasisnya penumpang lebih nyaman. Bedanya ada di kaki-kaki, harus lebih empuk," ucap Rojak kepada Kompas.com, Selasa (1/11/2022).

Walaupun dari asalnya sudah nyaman, ketika dibuatkan bodi untuk campervan tetap ada penyesuaian di sektor kaki-kaki. Mengingat adanya tambahan beban di bagian belakang sasis, sehingga harus dibuat lebih kuat.

"Terkait penyesuaian beban, kita akan lakukan penambahan di kaki-kakinya, entah itu per, atau stabilizer," ucap Rojak.

Penambahan tadi dilakukan agar campervan tetap nyaman saat digunakan dan aman. Secara bobot, untuk campervan buatan Delima Mandiri dengan basis Isuzu NLR 55 punya bobot total 3,6 ton.

"Toleransinya sendiri untuk jenis sasis ini (NLR 55) adalah 5 ton, jadi masih jauh. Jadi masih jauh. untuk kenyamanan mengemudi, keamanan, tetap kita lakukan penyesuaian dan penambahan di kaki-kakinya," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/11/01/190100615/bikin-campervan-pakai-sasis-truk-engkel-pastikan-khusus-penumpang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke