Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Langkah Rawat Vespa Matik di Musim Hujan

Dennil Sagita, pendiri bengkel Vespa modern, Vespa Scooter VIP mengatakan, sama seperti motor lain, Vespa matik juga perlu perawatan ketika musim hujan supaya kondisi tetap awet.

"Ada beberapa hal yang mesti dilakukan yakni cara merawat Vespa matic saat musim hujan. Ada empat dari genangan air, CVT dan panaskan Vespa setiap pagi," kata Dennil yang ditemui belum lama ini.

Berikut tips dari Dennil menjaga kondisi Vespa matik di musim hujan:

1. Hindari genangan air yang terlalu tinggi

Perlu selalu perhatikan kondisi CVT Vespa apabila nekat melintasi genangan air karena lubang pernafasan CVT berada dibawah bodi motor.

"Tidak berbeda dengan kendaraan matik lainnya, jika air masuk ke dalam CVT, maka kopling vespa bisa mengalami slip dan alhasil mesin vespa menjadi mati dan berkendala untuk dihidupkan," kata Dennil.

2. Bilas pakai air bersih

Apabila Vespa sudah terlanjur terkena air hujan yang memiliki berbagai kandungan zat, upayakan selalu membilas vespa dengan air biasa dan di lap kering.

"Meskipun bodi Vespa matik sudah di desain memiliki lapisan anti karat, namun tetap perlu adanya upaya untuk menghindari cat vespa menjadi kusam dan bisa
menimbulkan korosi jika didiamkan terlalu lama," kata dia.

3. Panaskan mesin

Rutin memanaskan vespa matik setiap pagi serta rutin melakukan servis agar kondisi Vespa tetap optimal. Perlu membersihkan CVT dan saringan udara secara rutin.

4. Tekanan udara

Pastikan tekanan udara ban selalu terjaga agar tidak terlalu terik ataupun terlalu kendor. Apabila hujan terlalu lebat, ada baiknya menunggu sesaat dan jangan sampai melewati genangan air.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/26/190100115/4-langkah-rawat-vespa-matik-di-musim-hujan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke