Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Impresi Interior Kia Carens, Pilihan Bahan Mewah dengan Captain Seat

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Carens resmi dijual di Indonesia sejak GIIAS 2022. Memiliki dua varian mesin yakni 1.400 cc turbo dan 1.500 cc NA dengan harga Rp 449 juta (1.400 turbo) dan Rp 389 juta.

Redaksi Kompas.com dapat kesempatan untuk mengetes Kia Carens 1.400 cc selama beberapa hari. Untuk bagian eksterior, Carens punya tampilan depan yang cukup unik, di mana lampunya cukup besar dengan ornamen hitam.

Beralih ke bagian kabin, khusus untuk Carens 1.400 cc turbo, menggunakan konfigurasi captain seat di baris kedua.

Sedangkan untuk yang memakai mesin 1.500 cc, bangku baris keduanya standar, bisa diduduki tiga orang.

Sebelum ke baris kedua, dibahas dahulu desain dasbornya. Kia tampak memerhatikan desain interior Carens dan dibuat jadi sangat modern, bisa dilihat dari desain dasbor yang menyambung dari sisi kanan ke kiri.

Selain itu, bagian dasbor dibalut dengan warna piano black yang menambah kesan mewah. Kemudian di bagian tengah, dipasang head unit yang rata dengan dasbor, ditambah adanya tombol fisik untuk tune radio dan volume.

Beralih ke sisi pengemudi, instrument cluster sudah full digital. Pemilihan bahan interior juga premium, seperti door trim yang dilapis kulit, menambah kenyamanan saat menyandarkan tangan.

Selain itu, bangku juga sudah dilapis bahan kulit yang nyaman ditambah adanya fitur ventilated seat untuk baris pertama.

Secara setelan bangku pengemudi, memang masih manual namun tersedia pengaturan tinggi dan rendah. Kemudian setir juga bisa diatur maju mundur (telescopic) dan naik turun (tilt) jadi bisa menemukan posisi mengemudi yang ergonomis.

Lalu, dari tempat duduk pengemudi banyak kendali yang bisa diraih. Misalnya seperti tuas transmisi di tengah, posisinya memang di bawah tapi tetap ergonomis, head unit dengan short cut sentuh, sampai kontrol sun roof di atap.

Pada bagian depan juga tersedia wireless charging pad, serta soket USB A, power outlet, dan USB C. Jadi untuk mengisi daya telepon genggam di baris depan, cukup lengkap pilihannya.

Uniknya, Carens dibekali dengan fitur ambience light yang bisa dipilih warnanya dari MID. Tidak cuma menyala di depan, lampu ini juga bisa dilihat saat malam di baris kedua, di dekat pegangan pintu.

Beralih ke baris kedua, bahan premium juga hadir, seperti door trim yang dibalut kulit serta joknya yang nyaman. Ketika duduk di captain seat, tampak Kia membuat baris kedua lebih tinggi dari baris pertama, memberi kesan lega.

Kemudian, untuk tinggi redaksi 178 cm, posisi duduknya nyaman. Head room sangat lega, ditambah ruang kaki yang masih rasional walaupun diposisikan agak maju agar penumpang di belakang bisa duduk dengan nyaman.

Selain itu, ada hal unik di baris kedua Carens, yakni posisi setelan blower belakang yang ada di center console. Jadi bentuk double blower lebih kecil ditambah kisi-kisinya yang bisa diatur arah semburan 360 derajat.

Ada satu hal yang kurang redaksi sukai adalah adanya cuma ada colokan USB type C, bahkan sampai baris ketiga. Jadi bagi yang mau mengisi baterai telepon genggamnya, harus membeli kabel lagi dengan ujung USB type C.

Beralih ke bagian belakang, bisa melalui tengah-tengah captain seat atau melipat bangku. Posisi duduknya ternyata masih cukup nyaman, dengan head room yang lega, namun posisi paha memang agak naik.

Selain itu, bangku baris ketiga ini juga bisa diatur sudut sandarannya. Jadi jika posisinya tegak, otomatis ruang bagasi makin lega tapi posisi duduk kurang nyaman, begitu juga sebaliknya.

Lalu untuk bagasinya, Multi-Purpose Vehicle ini menawarkan ruangan sebesar 216 liter. Jika mau lebih lega, bangku baris ketiga bisa dilipat dan rata lantai, sehingga semakin besar kapasitasnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/10/09/124100215/impresi-interior-kia-carens-pilihan-bahan-mewah-dengan-captain-seat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke