Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Agya GR Sport TGRI Buktikan Kelincahan di Kejurnas Slalom Tulungagung

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) kembali menuai prestasi dengan menyapu bersi podium Kejurnas F (modifikasi) seri ke-3 MLDSPOT Autokhana 2022, di Stadion Lembu Pateng, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (28/8/2022).

Kolaborasi handling Toyota Agya GR Sport dengan keahlian yang cakap, sukses membuat peslalom TGRI tampil mendominasi. Pencapaian ini pun menjadi yang ketiga kalinya diraih secara berturut-turut.

Hasilnya, peslalom TGRI masih memimpin klasemen sementara di Kejurnas F (modifikasi) dengan rincian 70 poin, Kejurnas Wanita 75 poin, dan Kejurnas Tandem 70 poin.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, pemilihan Agya GR Sport menjadi senjata utama dalam berkompetisi di kejurnas slalom didasari performa dasarnya yang memilki handling dan mesin yang mumpuni.

"Kami bersyukur berkat skill dan pengalaman enginer TGRI dalam memenangi berbagai kejurnas, performa Agya GR Sport dapat dimaksimalkan dalam mendukung peslalom TGRI tampil konsisten dan memimpin klasemen di 3 Kejurnas hingga seri ke-3 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 ini," ucap Anton, dalam keterangan resminya, Senin (29/8/2022).

Dengan desain compact ala sebuah hatchback, dimensi bodi Agya GR Sport yang sejatinya masuk dalam kelas mobil murah ramah lingkungan atau LCGC, memastikannya dapat bermanuver lincah di lintasan slalom.

Sistem suspensi juga dipastikan dapat memberikan pengendalian yang baik bagi para pebalapa TGRI. Sementara dari dapur pacu, terdapat mesin berkapasitas 1.200 cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 88 PS atau 86,7 tk pada 6.000 rpm dan torsi 11 Kgm pada 4.200 rpm yang turut berperan memaksimalkan performa bagi peslalom TGRI dalam mencatatkan waktu tercepat.

Pada Kejurnas F (Modifikasi) Adrianza #82 berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:45.951. Hasil positif tersebut diikuti rekan satu timnya, yaitu Herdiko #83, yang berada di podium kedua dengan catatan waktu 00:46.273 dan Anjasara #81 di podium ketiga dengan waktu 00:46.296.

Alinka Hardianti #7 yang turun di Kejurna wanita berhasil mempertahankan podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:50.646. Untuk Kejurnas Tandem, Adrianza dan Anjasara, meraih podium kedua dengan waktu 01:40.458, dan Anjasara di Kejurnas A dengan perolehan waktu terbaik 00:49.854.

TGRI turun di berbagai ajang kejurnas balap sebagai program jangka panjang Toyota untuk memperoleh berbagai ilmu serta data riset dari sirkuit dan jalan raya.

Para engineer berusaha untuk meningkatkan performa kendaraan, termasuk Agya GR Sport dengan tetap menjaga daya tahan di tengah persaingan yang kompetitif bermodalkan masukan pembalap juga data dari mobil yang digunakan saat berkompetisi.

Keuntungannya, data yang didapatkan untuk menciptakan mobil balap yang lebih kompetitif ini, akan menjadi modal utama bagi pabrikan untuk mengembangkan teknologi baru guna menghadirkan ever-better cars.

"Podium yang berhasil diraih peslalom TGRI pada ajang MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2022 Seri ke-3 merupakan bukti keandalan Agya GR Sport di arena slalom. Selain itu prestasi ini juga membuktikan komitmen engineer TGRI dalam memperkuat daya saing Agya GR Sport sudah berada di jalur yang tepat," ujar Marketing Director PT TAM Fumitaka Kawashima.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/30/092200815/agya-gr-sport-tgri-buktikan-kelincahan-di-kejurnas-slalom-tulungagung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke