Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lihat Detail Bus Unik Jetbus Transit yang Jadi Studio Berjalan

TANGERANG, KOMPAS.com - Karoseri Adiputro bawa satu bus dengan kabin yang spesial, dipesan khusus oleh Oppal untuk jadi studio podcast berjalan.

Kalau dilihat secara tampilan, bodi bus yang digunakan adalah Jetbus Transit, produk bus medium monokok buatan Adiputro. Jadi berbeda dengan bus medium umumnya, Jetbus Transit tidak memiliki sasis.

David Jethrokusumo, Direktur Adiputro, mengatakan, Jetbus Transit tidak pakai sasis lagi, sudah diubah jadi monokok. Jadi keseluruhan bodi merupakan buatan Adiputro.

"Engine kita pakai Hino FB, biasa kan mesin di depan, kita pindah ke belakang. Lalu biasanya per daun, kita pakai per keong atau coil spring," ucap David di Tangerang, Jumat (12/8/2022).

Secara tampilan, memang Jetbus Transit ketiga yang keluar dari Adiputro ini mirip dengan dua unit sebelumnya yang sudah keluar. Perbedaan paling besar dari Jetbus Transit milik Oppal ini adalah kabinnya yang dibuat jadi studio podcast.

"Ini interiornya khusus untuk podcast, tapi secara konstruksi sama. Secara interior, kita hanya bantu desain sofa, sedangkan alat dari oppal semua," ucap David.

Biasanya, Jetbus Transit punya susunan bangku khas bus perkotaan, yakni hadap-hadapan. Sedangkan untuk unit satu ini, bagian belakangnya diubah jadi sofa dengan bentuk U, dilengkapi dengan meja serta mic.

Selain itu, di bagian bawahnya ada alat untuk mengatur audio dari podcast, lalu TV LED, serta AC tambahan. Selain itu, Adiputro juga menambah peredaman untuk memenuhi kebutuhan bus sebagai studio.

"Peredaman standar sudah ada, kita tambah lagi. Cuma kita enggak tahu kebutuhannya gimana untuk podcast ini," ucap David.

Untuk harganya, David mengatakan Jetbus Transit standar ada di rentang Rp 1,5 miliar sampai Rp 1,7 miliar. Namun untuk yang Oppal, belum ditambah berbagai ubahan di bagian kabin serta peralatannya.

"Total biaya variatif, kalau yang biasa Rp 1,5 miliar - Rp 1,7 miliar sudah jadi semua. Tapi itu cuma range, sekarang podcast, nanti ada luxury (bisa tambah lagi)," kata David.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/16/114200915/lihat-detail-bus-unik-jetbus-transit-yang-jadi-studio-berjalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke