Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terkendala Suplai, Toyota bZ4x Batal Jadi Mobil Delegasi KTT G20

TANGERANG, KOMPAS.com – Mobil listrik Lexus UX 300e ditunjuk menjadi kendaraan utama para delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali digelar Oktober-November 2022. Padahal sebelumnya Toyota bZ4x yang akan jadi mobil operasional acara tersebut.

Menanggapi hal ini, Bob Azam, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), mengatakan keputusan ini sepenuhnya diambil pihak penyelenggara.

“Kemarin diumumkan yang Lexus UX300e. (Alasannya) ya enggak tahu, mungkin Lexus kali (yang dipilih). Ini masalah ketersediaan saja, suplainya,” ujar Bob, di booth Toyota pada ajang GIIAS, Kamis (11/8/2022).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan, sebanyak 143 unit Lexus UX 300e sebagai mobil delegasi G20 yang didatangkan dari Jepang.

"Pemerintah terima kasih atas dukungan TAM (Toyota Astra Motor) dalam G20 yang juga memberikan bantuan untuk 143 Lexus,” kata Airlangga, Rabu (10/8/2022).

“Dan kami berharap Lexus tidak hanya dilibatkan di G20 tapi juga fasilitasnya di TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Tentu pemerintah menargetkan penurunan karbon tentu lewat industri otomotif nasional," ujar dia.

Seperti diketahui, Lexus UX 300e mulai dipasarkan di Indonesia pada November 2022. Peluncuran Lexus UX 300e di Indonesia merupakan yang pertama di Asia Tenggara saat itu.

Bisa dibilang, UX 300e merupakan compact luxury Crossover berteknologi full listrik (battery electric vehicle/BEV) pertama dari Lexus, sekaligus dari Grup Toyota di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/11/130102215/terkendala-suplai-toyota-bz4x-batal-jadi-mobil-delegasi-ktt-g20

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke