Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Custom, Makin Moge Makin Mahal

BOGOR, KOMPAS.com – Sepeda motor custom memiliki pasar dan peminatnya sendiri di Indonesia. Bagi yang tertarik ingin memiliki motor impian, motor custom bisa jadi solusi.

Harga yang ditawarkan tiap tempat pembuatan motor custom juga beragam dan mengikuti tingkat kerumitan motor.

Andi “Atenx” Akbar, punggawa Katros Garage mengatakan jika kubikasi mesin (CC) mempengaruhi harga custom motor.

CC sendiri merupakan singkatan dari cubicle centimeter (centimeter kubik) yang mana volume ruang silinder pada suatu mesin.

“Makin besar CC motor maka akan makin mahal biaya yang harus dikeluarkan karena pengerjaanya lebih rumit. Contohnya CB 400 kan 4 silinder yah, dia harganya itu bisa Rp 45 juta jika sudah di custom. Itu harga tanpa surat, kalau begitu ada surat bisa jadi Rp 75 juta,” kata Atenx saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (2/8/2022).


Dadan Ramdana Owner Kabayan Garage juga mengatakan jika kubikasi mesin memperngaruhi biaya pembuatan motor custom.

“CC tinggi maka harganya beda. Itu berpengaruh karena ini injeksinya agak sulit yah bikin tangkinya,” kata Dadan kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Menurut pemilik bengkel yang berlokasi di jl Raya Ciapus, Cikaret, Bogor Selatan sejak 2016 tersebut, karena komponen yang digunakan hampir buatan tangan maka kian rumit saat CC motor besar.

Budget yang dibutuhkan kisaran Rp 35 juta sampai Rp 50 juta bahkan lebih untuk motor CC tinggi. Biaya tersebut untuk motor yang membawa mesin sendiri bukan dari motor nol.

Mesin diambil untuk dipakai, sementara komponen yang lainnya bikin sendiri. Jadi begitu motor memiliki CC tinggi maka harganya beda.

“Misalnya modelnya mau retro banget tapi kita harus berbenturan bikin injeksinya. Fuel Pump di motor kita cabut gimana caranya dibikin tangki bahan bakar biar bagus, normal dan sebagainya,” kata Dadan.

Artinya, CC yang tinggi akan membuat pengerjaan motor custom lebih sulit. Di Kabayan Garage, rangka, body, hingga spakboard di buat sendiri menyesuaikan ukuran dan model motor. Namun, lampu ban dan beberapa aksesoris beli di aftermarket.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/02/191100915/motor-custom-makin-moge-makin-mahal

Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke