Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Lampu DRL pada Mobil dan Apa Fungsinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada mobil-mobil baru keluaran sekarang, ada lampu tambahan yang sekilas terlihat seperti aksesoris saja. Lampu LED ini biasanya ukurannya lebih kecil dan menyala sepanjang hari, baik siang atau malam.

Daytime running light (DRL) adalah lampu yang posisinya terpisah dari headlamp atau lampu utama. Kondisinya akan terus menyala selama mesin mobil dinyalakan.

Lampu bukan dijadikan sebagai pengganti lampu utama, karena salah satu fungsinya terkait masalah keselamatan atau safety. Fungsi utama DRL adalah untuk memberikan tanda kepada pengguna jalan lain.

Disitat dari autoexpress.co.uk, alasan lampu ini terpisah dari lampu utama adalah karena nyalanya yang lebih terang dan menyilaukan. Jika pemilik kendaraan menyalakan lampu utama, lampu DRL akan meredup.

Pada beberapa negara, DRL sudah menjadi salah satu komponen yang wajib keselamatan, karena terbukti efektif menurunkan angka kecelakaan.

Lampu ini membantu pengguna jalan untuk mengidentifikasi adanya mobil di jalan karena dibantu isyarat dari DRL, sehingga dapat menekan potensi kecelakaan seperti tabrakan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan bahwa keberadaan DRL di mobil baru belum diatur secara resmi. Selain menunjang penampilan, ia mengatakan bahwa fungsi utama DRL lebih ke arah safety.

"Buat kita mungkin enggak terasa manfaatnya, cahayanya putih, nyala pada siang hari, tapi buat orang atau pengendara lain mungkin beda. Mereka jadi bisa memantau pergerakan mobil lebih jelas, jadi fungsinya ke safety," ucap Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Kemudian pada umumnya, lampu ini berteknologi LED, karena dianggap lebih terang ketimbang lampu bohlam biasa.

"DRL kan nyala terus, kalau pakai bohlam bisa cepat putus. Makanya pakai LED, watt-nya kecil, lebih terang, lebih awet. Selain itu kalau halogen enggak ada yang warna putih, mungkin ada HID, tapi HID itu mahal, sehingga kurang cocok," ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/21/112200715/mengenal-lampu-drl-pada-mobil-dan-apa-fungsinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke