Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Modifikasi Xenia Lawas, Jadi Mewah dan Canggih | 10 Mobil Terlaris Juni 2022, Avanza Posisi Pertama Xpander Merosot

JAKARTA, KOMPAS.com – Generasi baru Daihatsu Xenia yang meluncur pada akhir tahun lalu langsung disambut baik oleh para pecinta otomotif. Daihatsu Xenia hadir dengan berbagai pembaruan mulai dari sektor eksterior, interior hingga dibekali fitur keselamatan yang cukup mumpuni.

Meski begitu, tak membuat generasi lamanya ketinggalan jaman. Salah satunya seperti Daihatsu Xenia lansiran 2006 milik Zainal Mustofa.

Pria yang bermukim di Yogyakarta ini, memodifikasi Daihatsu Xenia miliknya dengan tampilan elegan serta dilengkapi dengan berbagai fitur canggih.

Selain itu, realisasi penjualan mobil di pasar dalam negeri sepanjang Juni 2022 berhasil kembali meningkat, sebesar 37,5 persen secara bulanan menjadi 79.168 unit setelah sempat merosot tajam pada Mei 2022.

Seiring dengan hal tersebut, peta persaingan industri otomotif pun tampak memanas lagi. Keadaan ini dapat terlihat dari sengitnya angka penjualan di tiap model dan merek.

Melansir data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setelah pisah model dengan Veloz pada akhir tahun lalu, kini Toyota Avanza berhasil kukuhkan posisi pertama sebagai mobil terlaris.

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Minggu , 18 Juni 2022 :


1. Modifikasi Xenia Lawas, Jadi Mewah dan Canggih

Pada bagian eksterior, Zainal mengecat ulang mobilnya dari semula warna silver menjadi british racing green.

Kemudian, pada bagian depan juga sudah disematkan bumper Avanza tipe S dengan tambahan lips bumper.


2. 10 Mobil Terlaris Juni 2022, Avanza Posisi Pertama Xpander Merosot

Tidak tanggung-tanggung, perbedaannya dengan posisi kedua yang diisi oleh Daihatsu Sigra cukup jauh, yaitu dari 6.172 unit ke 5.350 unit. Angka ini juga tercatat meningkat pesat dari sebelumnya yakni hanya 1.766 unit.

Sementara Honda Brio yang rutin menduduki peringkat teratas, terpaksa turun ke posisi ke-4 meski masih mengalami peningkatan penjualan secara bulanan, yakni dari 4.121 unit menjadi 4.472 unit.

Posisinya itu, tepat berada di bawah Toyota Rush dengan 4.705 unit dan di atas Suzuki Carry PU dengan 4.175 unit dan Toyota Calya yang berhasil mencetak angka penjualan 4.035 unit.


3. Tidak Sempat ke Samsat, Begini Cara Blokir STNK Online

Pemblokiran STNK harus dilakukan guna menghindari masalah yang menyangkut pajak dan legalitas kendaraan. Jika sebelumnya pemblokiran STNK dilakukan di kantor Samsat, kini bisa dilakukan secara online.

Oleh karena itu, jika pemilik kendaraan tidak memiliki waktu untuk datang ke kantor samsat dapat memblokir STNK secara daring hanya dengan ponsel.

4. Hyundai Stargazer Pakai Transmisi IVT, Beda dengan Avanza dan Xpander

Hyundai membekali Stargazer dengan mesin 1.5 L MPI, 16 katup, 4-silinder dengan kapasitas 1.497 cc. Mesinnya sama seperti yang digunakan Creta.

Bicara soal transmisi, Hyundai Stargazer mengawinkan mesinnya dengan sistem transmisi Intelligent Variable Transmission (IVT).


5. Buat Apa Ada Knock Sensor Jika Minum Pertalite Masih Bikin Ngelitik?

Mobil modern memang dilengkapi teknologi yang canggih. Buktinya, mesin dibuat bisa menyesuaikan diri dengan kebutuhan pengendara secara otomatis.

Seperti kondisi mesin ngelitik, yang sudah dikembangkan teknologinya disebut knock sensor. Fungsinya, menjaga momentum pembakaran ketika menggunakan bensin yang sesuai rekomendasi pabrikan.

Sehingga ketika terjadi ngelitik di mesin, ECU bisa segera mengatur waktu pengapian, agar campuran bensin dan udara terbakar sempurna.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/18/060200815/-populer-otomotif-modifikasi-xenia-lawas-jadi-mewah-dan-canggih-10-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke