Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Harus Injak Rem Saat Menyalakan Mobil Transmisi Matik?

Pada mobil transmisi matik, pengemudi harus injak rem terlebih dahulu agar bisa menyala. Bahkan, pada mobil matik keluaran baru tidak bisa distarter jika pedal rem belum diinjak.

Lalu mengapa harus menginjak rem terlebih dahulu untuk menyalakan mobil matik?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor Didi Ahadi, mengatakan jika prosedur menyalakan mobil matik dengan menginjak pedal rem dahulu bertujuan untuk keselamatan pengemudinya.

“Menginjak rem terlebih dahulu sebelum menyalakan mesin mobil merupakan prosedur keselamatan. Agar mobil tidak langsung bergerak atau jalan saat mesin hidup,“ kata Didi beberapa waktu lalu kepada Kompas.com.

Melengkapi hal tersebut, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan menginjak pedal rem berguna untuk memastikan mobil dalam keadaan diam sewaktu dinyalakan.

“Menyalakan mobil matik dengan injak rem terlebih dahulu dilakukan untuk mengantisipasi mobil bergeser secara tiba-tiba saat mesin dinyalakan," kata Bambang.

Akan tetapi, ketika memutar kunci atau menekan tombol start atau stop engine tanpa menginjak pedal rem, kelistrikan mobil akan langsung hidup tanpa menyalakan mesinnya.

Pada mode ini, seluruh perangkat elektronik bisa difungsikan, misalnya power window bisa digunakan tanpa harus menyalakan mesin. Artinya, langkah ini bertujuan sebagai keselamatan saat berkendara.

“Tujuannya untuk memastikan keamanan si pengemudi dan kendaraannya,” kata Bambang.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/09/154200615/kenapa-harus-injak-rem-saat-menyalakan-mobil-transmisi-matik-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke