Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat Batas Aman Mobil Terabas Banjir

JAKARTA, KOMPAS.com - Potensi banjir rob di daerah pesisir di wilayah DKI Jakarta diprediksi terjadi mulai hari ini, Sabtu (11/6/2022) hingga sepekan ke depan, sampai Jumat (17/6/2022). 

Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisikan (BMKG) Maritim Tanjung Priok. 

Pemprov DKI Jakarta, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat di wilayah pesisir (Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Kepulauan Seribu) untuk lebih waspada.

"Masyarakat di wilayah pesisir DKI Jakarta diimbau untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir," ucap Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Sabtu (11/6/2022).

Dengan kondisi jalan yang tertutup air, seringkali pemilik kendaraan tidak punya pilihan selain menerabas. Meski begitu, ada potensi bahaya yang perlu diperhatikan saat akan menerabas banjir, karena air bisa masuk ke ruang bakar dan menyebabkan kerusakan.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, jika air masih berada di bawah bodi kendaraan maka masih aman.

Pemilik kendaraan juga perlu memperhatikan letak intake mobil dan seberapa tingginya. Kemudian, pastikan bahwa air banjir tidak sampai merendam seluruh bagian ban mobil.

Jika akan menerabas banjir rob, Didi menjelaskan sebaiknya tinggi air tidak melebihi saluran filter udara.

"Untuk mesin, baik air banjir atau rob dihindari ketinggian air yang dapat terhisap masuk dari saluran filter udara, sehingga air masuk ke dalam mesin dan menimbulkan kerusakan atau water hammer," ucap Didi.

Sesudah menerabas banjir rob, jangan lupa untuk mencuci area mobil yang terkena air dengan air biasa. Air laut pada banjir rob bersifat korosif dan bisa menimbulkan karat pada komponen mobil yang materialnya terbuar dari besi.

"Air laut itu bersifat korosif. Disarankan untuk mencuci bagian kolong yang terkena air tersebut untuk menghindari kerusakan akibat timbulnya karat," ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/11/164200615/ingat-batas-aman-mobil-terabas-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke