Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Penyebab Ban Mobil Tipis Sebelah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban merupakan komponen mobil yang cukup vital, sebab ban menjadi tumpuan utama kendaraan. Tidak hanya saat diam, ban juga bekerja penting ketika kendaraan sedang melaju.

Hal ini menjadikan ban sebagai komponen yang sangat diperhatikan oleh pengguna kendaraan. Mulai dari perawatan, pengecekan ketebalan tapak ban, pengecekan kualitas serta tekanan angin.

Bahkan suatu kondisi, kadang ditemukan ban tipis atau botak pada salah satu sisi. Sehingga, hal itu kerap membuat orang bingung, perlu melakukan penggantian ban atau tidak.

Rupanya hal tersebut terjadi bukan semata-mata karena faktor alamiah saja, tapi dipengaruhi oleh kondisi kendaraan itu juga.

Workshop Head Nissan Sukabumi Aditya Nugraha menjelaskan kepada Kompas.com, Rabu (8/6/2022) bahwa tipisnya tapak ban yang tidak rata disebabkan oleh beberapa faktor yang berhubungan dengan kaki-kaki.

“Kaki-kaki yang tidak balance (imbang) bisa menyebabkan tapak ban tipis sebelah seperti shock lemah atau bocor,” beber Aditya kepada Kompas.com.

Tidak hanya shock absorber, komponen lain yang berhubungan dengan kaki-kaki seperti link arm, cross member, rack steer dan lain sebagainya juga bisa membuat kendaraan tidak balance. Sehingga secara otomatis akan membuat tapak ban tipis sebelah.

Bahkan, para mekanik amatir bisa menjadikan fenomena tersebut sebagai tanda bahwa suatu kendaraan mengalami masalah pada sektor kaki-kaki. Sedangkan montir profesional biasanya mengandalkan alat spooring digital untuk mengetahui kestabilan suatu kendaraan.

“Melakukan spooring juga bisa menjaga kestabilan, karena akan diatur kembali sesuai spek-nya,” tambah Aditya.

Dari alat spooring tersebut bisa diketahui, apakah kendaraan mengalami masalah. Jika data yang tampil pada alat tersebut melenceng terlalu jauh, dan tidak bisa diatasi dengan melakukan penyetelan, maka biasanya akan dilakukan pengecekan kaki-kaki secara mendetail di bengkel.

Jadi, ketika ban kendaraan Anda mengalami tipis sebelah, jangan buru-buru melakuakn penggantian ban, namun perlu dipastikan terlebih dulu apa penyebabnya dengan mendatangi bengkel terpercaya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/06/08/141200015/ketahui-penyebab-ban-mobil-tipis-sebelah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke