Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bintang Formula E Pascal Wehrlein, Mantan Rekan Setim Rio Haryanto di F1

JAKARTA, KOMPAS.com— Ada 22 pebalap yang akan berlaga di Formula E Jakarta 2022.
Ajang balap mobil listrik yang dilangsungkan pada 4 Juni 2022 tersebut turut mencuri perhatian banyak orang.

Meski masih asing bagi banyak orang, beberapa pebalap Formula E Jakarta 2022 sudah tidak asing di telinga pecinta Formula One (F1).

Salah satunya adalah Pascal Wehrlein yang pernah berkiprah menjadi pebalap F1. Wehrlein pernah menjadi rekan satu tim Rio Haryanto di Manor Racing pada ajang F1 2016.

Saat itu, Wehrlein dan Rio menjadi rekan satu tim di 12 seri balapan awal. Namun keduanya dipisahkan saat Estaban Ocon di paruh musim F1 2016 menggantikan posisi Rio.

Tidak lama setelah itu, saat tampil di F1 2017 Wehrlein pindah ke tim Sauber. Kemudian, pria kelahiran Jerman pada tahun 1994 itu pindah ke Formula E bersama Mahindra Racing musim 2018.

Usai berpindah-pindah, kini Wehrlein tergabung di TAG Hauer Porsche Formula E Team bersama Andre Lotterer. Di awal tahun ini, Wehrlein berhasil meraih kemenangan di Formula E Meksiko pada 12 Februari 2022.

Melansir dari fiaformulae.com, sosok Wehrlein adalah angin segar dari dunia kompetitif ajang Formula E.

Di awal kiprahnya berubah haluan menjadi pebalap Formula E, Wehrlein berhasil menjadi pemenang balapan termuda dalam sejarah mobil touring Jerman.


Wehrlein sendiri melakukan debutnya di Formula E pada kampanye 2018/19. Pebalap asal Jerman itu memulai karir balapnya di kart pada tahun 2003.

Meski saat itu masih muda, Wehrlein naik tingkat ke Formula 3 Euro Series pada tahun 2012. Pada saat itu, Wehrlein menempati posisi kedua dalam kejuaraan.

Tahun berikutnya, Wehrlein melakukan debutnya di DTM pada usia 18 tahun bersama Mucke Motorsport sebelum beralih ke tim rival HWA pada tahun 2014.

Di ajang tersebut, Wehrlein menjadi pebalap termuda dalam sejarah seri yang meraih pole position. Bahkan, dia memenangkan balapan di rute ke 8 di kejuaraan dengan 46 poin.

Pada tahun yang sama, diumumkan bahwa pembalap Jerman itu menjadi pembalap cadangan untuk skuad Formula Satu Mercedes-AMG.

Wehrlein juga pernah bergabung ke tim Sauber Formula One pada tahun 2017. Baru pada kejuaraan dunia Formula E ABB FIA 2020/21, Pascal Wehrlein pindah ke TAG Heuer Porsche hingga saat ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/29/162504515/bintang-formula-e-pascal-wehrlein-mantan-rekan-setim-rio-haryanto-di-f1

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke