Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahas Interior Honda Brio RS dan Daihatsu Sirion, Siapa Lebih Nyaman?

Setelah membahas soal eskterior, kali ini tim redaksi akan membahas tentang interior kedua city car asal pabrikan jepang tersebut. Kira-kira mana yang lebih nyaman?

Honda Brio RS

Interior Brio RS didominasi dengan warna gelap serta aksen oranye khas varian RS yang membuat aura sporty langsung terasa oleh pengemudi.

Bagian jok Honda Brio RS dibalut dengan material fabric dengan pola geometrik kecil, lengkap dengan sandaran kepala yang dirancang secara terpisah, baik di baris depan maupun lajur kedua untuk miningkatkan kenyamanan dan keselamatan.

Mengatur jok depan baik di sisi pengemudi maupun sisi penumpang masih manual.

Untuk sektor hiburan, terdapat layar sentuh 6,2 inci yang memiliki fitur USB, radio, aux-in, CD dan DVD serta Bluetooth. Bagian informasi suhu pendingin udara juga sudah digital sehingga memudahkan pengaturan suhu kabin.

Kualitas suara juga ditingkatkan dengan tambahan tweeter yang terletak pada ujung kedua pilar A.

Kemudahan didapatkan pengemudi dari fitur steering switch dan audio juga tilt steering untuk mengatur kenyamanan memegang lingkar kemudi. Pada cluster meter masih  analog dengan beragam informasi seperti tachometer, speedometer, waktu, serta rentang perjalanan.

Dari sisi pengemudi, kemudahan lain adalah hadirnya power window untuk keempat kaca mobil. Namun, mobil ini belum dilengkapi tombol start stop, sehingga untuk menyalakan mesin masih manual, masih memutar anak kunci.

Beralih ke baris kedua, kenyamanan penumpang masih cukup mumpuni karena masih terdapat jarak untuk ruang kaki agar lebih santai. 

Salah satu yang menjadi catatan di bagian belakang hanya kenyamanan suhu udara yang terkadang tidak sampai di bagian belakang. Perlu pengaturan khusus pada arah semburan agar angin AC sampai ke kursi baris kedua, termasuk level blower yang dipilih.

Kelapangan kabin baik dari ruang kepala dan kaki pada baris pertama maupun baris kedua juga masih cukup mumpuni untuk orang dewasa dengan tinggi 170 cm.

Adapun untuk ruang bagasi Brio RS mencapai 258 liter, atau 84 liter lebih besar dibanding model sebelumnya.

Daihatsu Sirion

Sementara itu, kabin Daihatsu Sirion di dominasi dengan interior berwarna hitam dengan sedikit pemanis warna silver.

Kabin pun dirancang lebih nyaman dan kental aura ergonomis. Hal ini ditunjukan mulai dari ragam panel instrumen yang mudah dijangkau pengemudi, sampai ragam tombol fungsi untuk audio yang diletakan pada gagang kemudi agar lebih nyaman digenggam.

Tak berbeda dengan Honda Brio RS, bagian cluster meter Daihatsu Sirion juga menggunakan model analog, tapi kelebihannya sudah dilengkapi dengan sentuhan digital pada bagian tengah.

Posisi transmisi juga sudah diletakan di bawah, tak lagi menjuntai di tengah dasbor seperti versi terdahulu. Panel pendingin suhu juga sudah digital, menegaskan aura Sirion yang lebih modern.

Perangkat hiburan dari head unit layar sentuh berdimensi 7 inci juga menambah kenyamanan dalam kabin. Head unit ini memiliki fitur konektivitas mirrrolink dengan ponsel pengendara.

Jika bicara dari sisi kenyamanan, baris pertama kelapangannya tak ada masalah. Baik dari ruang kepala dan kaki masih sangat lapang dan nyaman cukup mumpuni untuk orang dewasa dengan tinggi 170 cm. Begitu juga untuk baris kedua yang mampu mengakomodasi penumpang dewasa dengan baik.

Pada jok pengemudi dan penumpang serta baris kedua juga sudah dibekali headrest yang bisa diatur kenyamananya.

Meski jok hanya terbungkus material fabric alias kain, tapi tak mempengaruhi sisi kenyamanannya. Hanya saja untuk pengaturan jok baik dari sisi pengemudi maupun penumpang masih manual, sama halnya dengan Honda Brio RS.

Salah satu keunggulan Daihatsu Sirion, mobil ini sudah dilengkapi tombol start stop untuk menyalakan dan mematikan mesin. Sehingga tak perlu repot lagi mencolok dan memutar anak kunci.

Adapun untuk kapasitas bagasi Daihatsu Sirion memiliki volume yang lebih besar dari Honda Brio RS, yakni mencapai 277 liter.

Bicara soal fitur keselamatan, Daihatsu Sirion dibekali fitur yang cukup mumpuni, mulai dari 4 kantong udara (airbag), rem ABS dan EBD, vehicle stability control (VSC), traction control, kamera parkir mundur, sensor parkir depan belakang, ISOFIX, sampai pengingat sabuk keselamatan depan dan belakang.

Sementara, Brio RS sudah cukup lengkap dengan dua kantong udara, pengingat sabuk untuk pengemudi, rem ABS+EBD, dan immobilizer

Walau keduanya memiliki dimensi yang minim sebagai mobil kota, tapi terbukti kelapangan tak ada kendala bagi Brio RS maupun Daihatsu Sirion. Kedua city car pabrikan Jepang ini juga cukup aergonomis ketika di ajak berkendara di perkotaan.

Terlebih lagi keduanya sudah dilengkapi dengan fitur kenyamana dan keselamatan yang cukup mumpuni. Jadi, kembali lagi kepada selera masing-masing konsumen.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/25/100200215/bahas-interior-honda-brio-rs-dan-daihatsu-sirion-siapa-lebih-nyaman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke