Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sembarangan, Ini Cara Benar Melakukan Rotasi Ban Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban mobil memiliki tingkat keawetan dan performa yang berbeda. Ban yang optimal dengan masa pakai yang lama pastinya akan lebih menghemar biaya untuk pemilik kendaraan.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh pemilik mobil agar performa ban tetap optimal dan aman, salah satunya adalah dengan melakukan rotasi ban mobil.

Rotasi ban mobil, maksudnya adalah menukar posisi ban antara depan dan belakang yang sama sisinya, atau secara menyilang antara kanan dan kiri pada roda depan dan belakang.

Merotasi ban mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan, misalnya alur tapak rotasi. Karena, ban satu alur tidak bisa dirotasi dengan posisi menyilang.

"Dalam melakukan rotasi ban yang paling mudah itu dipindahkan ban depan ke belakang, bisa juga dilakukan secara menyilang," ucap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk Zulpata Zainal enjelaskan tiga tipe kembangan di pasaran dan cara merotasinya.

Tipe pertama, ban dengan kembangan dasar, bi-direction atau konvensional. Tipe kedua, one direction serta tipe ketiga yaitu asymmetric pattern.

"Untuk ban dengan kembangan ini (bi-direction) rotasinya bisa sembarang, bisa dari kiri ke kanan, depan belakang dan sebaliknya. Dan untuk rotasinya tidak perlu melihat arah pattern ban," ucap Zulpata.

Sedangkan untuk ban dengan kembangan one direction, rotasi hanya bisa dilakukan dari depan ke belakang saja, dan sebaliknya.

"Jenis kembangan ban ini tidak bisa dari kanan ke kiri atau dari kiri ke kanan, pada dinding samping ban ada arah panah putarannya," ucap dia.

Terakhir, untuk ban dengan kembangan ketiga atau asymmetric rotasinya bisa dari depan ke belakang atau sebaliknya, dan kiri ke kanan atau sebaliknya. Pada dinding samping ban, tertulis outer-inner.

"Kalau rotasi ban model kedua dan ketiga tidak sesuai, salah satu kemampuan pada ban akan berkurang. Misal noise, daya cengkeram, daya pengereman, cengkeraman di jalan kering atau basah," ucap Zulpata.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/12/121200515/jangan-sembarangan-ini-cara-benar-melakukan-rotasi-ban-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke