Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Buka Kap Mobil Bisa Bikin Mesin Cepat Dingin?

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mobil mogok atau tidak bisa melaju, salah satu penyebab yang paling umum terjadi adalah mesin yang mengalami overheat atau panas berlebih.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mesin mobil mengalami overheat. Misalnya, malfungsi sistem pendinginan akibat kebocoran, matinya kipas radiator dan lain sebagainya.

Selain masalah di kipas radiator, hal lain yang bisa menyebabkan mesin overheat adalah katup thermostat yang macet sehingga menutup aliran air pendingin.

Ketika mobil mogok akibat mesin yang overheat, pemilik kendaraan roda empat biasanya akan terlebih dulu membuka kap mesin mobil. Saat mesin mobil panas, apakah membuka kap mobil bisa membantu mendinginkan mesin?

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor menjelaskan bahwa membuka kap mesin mobil bisa membantu mengeluarkan panas yang ada di ruang mesin.

"Membuka kap mesin bisa mempercepat pendinginan karean udara panas akan terbuang ke atas," ucap Didi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Membuka kap mesin saat mesin kepanasan dan mobil sedang menepi bisa membantu mesin mobil menjaddi lebih cepat dingin. Karena, udara tidak bersirkulasi di dalam ruang mesin saja.

Sebenarnya, mesin mobil tetap bisa dingin walaupun tidak dibuka kap mesinnya. Namun, membuka kap mesin bisa jadi faktor yang membantu mempercepat, sehingga pemilik kendaraan bisa segera melakukan tindakan setelah mesin dingin.

"Kalau air pendinginan berkurang, bisa ditambah. Tetap berhati-hati saat menambah air tersebut karena panas. Bisa juga dibantu dengan lap untuk menghindari air panas muncrat mengenai," ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/12/111200215/mitos-atau-fakta-buka-kap-mobil-bisa-bikin-mesin-cepat-dingin-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke