Salin Artikel

Masyarakat Disarankan Mudik Lebih Awal untuk Hindari Kemacetan

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran 2022, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyarankan masyarakat untuk mudik lebih awal guna menghindari risiko kemacetan lalu lintas.

“Kami menyarankan masyarakat kalau bisa mudiknya lebih awal. Mulai tanggal 25 atau 26 April,” ucap Budi dalam keterangannya dikutip Kompas.com, Sabtu (16/4/2022).

Kemenhub bersama pemangku kepentingan diantaranya Korlantas Polri dan Jasa Marga juga terus melakukan koordinasi dan melakukan simulasi penanganan lalu lintas, khususnya di jalan tol.

Rekayasa lalu lintas yang disiapkan untuk mengantisipasi macet pada saat arus mudik Lebaran 2022 yaitu contra flow, one way, hingga ganjil genap.

“Kita mencarikan jalan yang paling baik agar mudiknya aman, nyaman dan sehat itu berjalan dengan baik,” ucap Budi.

Sementara itu, Kakorlantas Irjen Pol Firman Shantyabudi menyatakan siap berkoordinasi dan terus memonitor kondisi lalu lintas jelang masa mudik Lebaran.

“Petugas di lapangan akan terus membuka diri mengikuti dan menerima arahan. Terus terang saja ini sifatnya dinamis sesuai kondisi di lapangan,” kata Firman.

Menurut Firman, Polri akan menggunakan data-data terkini di lapangan terkait kondisi lalu lintas dan volume kendaraan. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian yang mungkin timbul akibat kesalahan dalam mengambil kebijakan.

“Supaya petugas di lapangan juga bisa dengan tepat waktu menentukan cara bertindaknya, baik dari tempat maupun waktu. Kami akan terus berkoordinasi,” ucapnya.

Sebagai informasi, pada tahun ini diperkirakan terdapat sebanyak 85,5 juta orang yang akan mudik Lebaran 2022. Dari total pemudik tahun ini, sebanyak 14,3 juta di antaranya merupakan pemudik yang berasal dari Jabodetabek.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/17/074100915/masyarakat-disarankan-mudik-lebih-awal-untuk-hindari-kemacetan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.