Salin Artikel

Bagaimana Cara Pasang Iklan BPKB Hilang di Media Massa?

BPKB sendiri merupakan dokumen penting bagi pemilik kendaraan, apabila hilang atau rusak harus segera dibuat yang baru.

Namun, di Indonesia sendiri ada beberapa persyaratan yang harus dilakukan untuk mengurus BPKB yang hilang. Bagi pemilik kendaraan, baik itu motor atau mobil harus memasang Iklan kehilangan di media cetak.

Pemerhati masalah transportasi dan hukum, Budiyanto mengatakan jika memasang iklan di media cetak tidak bisa dianggap sepele karena peraturan ini sangatlah penting bagi pemilik BPKB.

“BPKB adalah sertifikat kepemilikan kendaraan yang sah dan dapat di jaminkan atau menjadi jaminan dalam pembiayaan kendaraan bermotor dan sebagainya,” kata Budiyanto.

Dengan pemasangan iklan pada media cetak, diharapkan dapat mengetahui apakah BPKB berada di tangan yang tepat atau tidak. 

Jika BPKB berada di penguasaan orang lain, atau badan pembiayaan sebagai jaminan akan sangat berbahaya. Oleh karena itu, hendaknya pemilik kendaraan yang kehilangan BPKB harus segera mengurusnya.

Langkah pertama yang harus disiapkan untuk memasang iklan pengumuman kehilangan BPKB adalah membuat surat kehilangan di kantor polisi terdekat dari alamat.

Kemudian, pilih dua media massa yang terpercaya akan menerbitkan pengumuman begitu transaksi pembayaran pemasangan iklan usai. Lalu, pastikan jadwal pada dua media massa yang telah dipilih kapan pengumuman kehilangan BPKB akan dimuat.

Usai pengumuman tersebut terbit pada dua media massa, bawa ke kantor polisi untuk mengurus BPKB yang baru apabila setelah pengumuman tersebut dibuat tidak ada pihak yang mengembalikan.

“Langkah ini untuk memenuhi persyaratan dalam Perpol No. 7 Tahun 2021 tentang Regident Ranmor. Dengan pertimbangan memberikan informasi kepada masyarakat apabila menemukan BPKB tersebut bisa diserahkan ke pemiliknya,” ujar Budiyanto.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/06/193100315/bagaimana-cara-pasang-iklan-bpkb-hilang-di-media-massa-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.