Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kejadian Lagi, Truk Mundur Tanpa Terkendali

Rekaman ini diunggah oleh akun Instagram @romansasopirtruck. Disinyalir, truk tersebut tidak kuat menanjak dan akhirnya malah mundur. Beruntung tidak ada kendaraan yang melaju di belakang truk tersebut. Sehingga tak ada korban yang celaka sampai sopir berhasil menghentikan truknya.

Kejadian truk yang gagal nanjak atau turun kembali karena tidak kuat memang sangat berbahaya dan bisa membuat celaka orang yang berada di belakang truk.

Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, truk yang mundur tanpa kendali ini lebih condong karena masalah pengemudi, bukan faktor dari kendaraan.

“Dalam hal ini, dia (sopir) gagal mengantisipasi kondisi yang ada yaitu tanjakan. Dia lupa kalau tanjakan, beban, dan dimensi kendaraan yang di bawa,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

“Jangan pernah pindahkan perseneling di tanjakan atau turunan. Cara yang benar yaitu lakukan sebelum melewati tanjakan atau turunan walaupun dirasa kendaraannya mampu melewati rintangan tersebut,” kata dia.

Perlu dicatat, untuk kendaraan besar seperti truk, perpindahan persneling dari gigi tinggi ke rendah itu sulit dilakukan pada saat putaran mesinnya rendah. Sehingga saat pindah persneling di tanjakan, kemungkinan yang terjadi yaitu missed gear.

“Ketika missed gear, giginya yang masuk, yang terjadi yaitu free wheel atau roda bebas. Mengandalkan service brake saja tak mampu menghentikan laju truk, walaupun roda mengunci, kendaraan tetap mundur,” ucap Jusri.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/05/032200515/kejadian-lagi-truk-mundur-tanpa-terkendali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke