Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Komparasi Desain Eksterior Honda HR-V Vs Hyundai Creta

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi meluncurkan generasi terbaru dari HR-V belum lama ini. Kehadiran mobil ini untuk menjawab tantangan dari Hyundai Creta.

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) meluncurkan Creta pada November 2021. Mobil ini memiliki desain yang unik pada beberapa bagiannya.

Tapi, HR-V juga mengalami ubahan dari segi eksterior dibandingkan dengan model sebelumnya. Bahkan, ubahannya cukup banyak.

Jika dibandingkan antara HR-V dengan Creta, masing-masing memiliki keunggulan. Selain itu, soal selera, konsumen juga pasti punya alasan tersendiri.

Menurut Kompas.com, HR-V memiliki tampilan yang lebih agresif dan sporty. Lekuk bodinya terlihat lebih tajam. Pada bagian depan, desain grille dibuat baru dan terintegrasi dengan lampu utama.

Desain lampu utamanya juga dibuat sipit, tapi sudah sepenuhnya menggunakan teknologi LED. Lampu depan juga terintegrasi dengan lampu sein dengan model Sequential LED. Sehingga, terkesan seperti mobil-mobil mewah.

Honda juga melengkapinya dengan lampu kabut. Sementara pada Creta, belum ditemukan adanya lampu kabut. Meski demikian, Creta punya grille yang cukup unik.

Sebab, Daytime Running Light (DRL) pada mobil ini dibuat seolah menyatu dengan grille. Hyundai menyebutnya dengan Parametric Jewel Hidden-Type DRL.

Lampu depan Creta ditempatkan di bumper depan dengan model vertikal. Konsepnya mirip seperti lampu depan Mitsubishi Xpander.

Sementara dilihat dari samping, HR-V terlihat lebih polos. Tidak banyak lekuk bodi pada bagian pintu. Side body moulding pada mobil ini sepenuhnya berwarna hitam. Sementara pada Creta, masih diberikan aksen silver.

Door handle juga berbeda, Creta diberikan warna chrome. Sementara pada HR-V, door handle selaras dengan warna bodi. Selain itu, desain door handle pintu belakang masih dipertahankan. Sehingga, desainnya secara keseluruhan terlihat lebih bersih.

Untuk desain pilar C, HR-V terlihat lebih miring. Terkesan lebih aerodinamis dibandingkan dengan Creta yang posisinya sedikit lebih tegak.

Pada bagian kaki-kaki, HR-V terlihat lebih sporty karena menggunakan pelek dengan diameter 18 inci. Sementara Creta, peleknya berukuran 17 inci. Desain masing-masing pelek sama-sama keren.

Beralih ke bagian buritan, HR-V memiliki desain lampu belakang yang senada dengan lampu depan. Uniknya, lampu belakang dibuat menyatu dari sisi kanan hingga sisi kiri. Kedua lampunya dipisahkan oleh logo 'H'.

Lampu belakang Creta juga tidak kalah unik. Berbeda dengan HR-V yang dibuat pipih dan memanjang, model lampu belakang Creta cukup besar dengan sebutan Boomerang shape signature lighting with LED lamps.

Kedua mobil ini sudah dilengkapi dengan spoiler dan antena model shark fin. Tapi, hanya Creta yang memiliki high mounted stop lamp.

Masing-masing mobil memiliki keunggulan. HR-V terlihat lebih elegan dan sporty. Sementara Creta, juga terlihat sporty dan cukup unik.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/03/29/100200815/komparasi-desain-eksterior-honda-hr-v-vs-hyundai-creta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke