Salin Artikel

All New Toyota Voxy Pakai Fitur Keselamatan TSS 3.0, Ini Kelebihannya

JAKARTA, KOMPAS.com – Jadwal peluncuran Toyota Voxy terbaru di Indonesia terbilang cukup cepat. Sebab sebelum PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan mobil ini secara virtual pada Kamis (17/2/2022), Voxy baru saja mengaspal di Jepang pada Januari lalu.

Bicara soal harga, Voxy terbaru mengalami kenaikan harga sekitar Rp 47 jutaan, dari sebelumnya Rp 510,8 juta, menjadi Rp 558,2 juta.

Dengan peningkatan harga tersebut, Toyota memberikan sejumlah ubahan pada MPV pintu geser ini. Mulai dari platform baru, mesin baru, hingga fitur-fitur yang semakin canggih.

Di samping punya banyak fitur baru, Toyota membekali Voxy dengan fitur keselamatan Toyota Safety Sense (TSS) 3.0.

TSS 3.0 merupakan varian yang lebih canggih dari fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) Toyota Safety Sense yang hadir di Indonesia.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan, Voxy dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang mencari MPV Premium dengan teknologi safety terbaik di kelasnya.

“Sebagai model pertama Toyota di Indonesia yang mengadopsi platform dan mesin TNGA, serta teknologi TSS 3.0, dan didukung dengan berbagai layanan mobilitas, kami harap All New Voxy dapat menghadirkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam bermobilitas,” ujar Anton, dalam keterangan tertulis (17/2/2022).

Secara kapabilitas, TSS 3.0 memiliki kemampuan semi otonom yang serupa dengan TSS 2.0 pada Corolla Altis dan Camry.

Antara lain fitur Pre-Collision System (PCS), Lane Tracing Assist (LTA), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), dan Automatic High Beam (AHB).

Namun terdapat perbedaan besar antara TSS 3.0 dan TSS 2.0, di mana terdapat pada performa sensor dan kemampuan deteksi TSS 3.0 yang lebih baik.

Contohnya sensor kamera pada TSS 3.0 memiliki ruang deteksi atas-bawah dan kiri-kanan yang lebih luas, mampu mendeteksi objek bergerak di jarak yang lebih dekat, dan memiliki kemampuan 3D Recognition.

Kemudian Pre-Collision System TSS 3.0 disebut dapat mengurangi kecepatan dan mendeteksi pejalan kaki atau pesepeda lebih baik dari TSS 2.0.

Di samping itu, DRCC TSS 3.0 dapat mengatur jarak aman dalam empat tahap berbeda dan lebih baik dalam mendeteksi kecepatan mobil kedua di depan.

Akan tetapi, TSS 3.0 belum memasukkan fitur-fitur TSS Toyota Voxy versi Jepang seperti Proactive Driving Assist.

Selain Proactive Driving Assist, fitur-fitur Toyota Teammate seperti Advanced Drive dan Advanced Park juga masih absen pada Voxy versi Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/20/084100315/all-new-toyota-voxy-pakai-fitur-keselamatan-tss-3.0-ini-kelebihannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.