Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Konsumen Beli Fazzio Dipaksa Kredit, Begini Jawaban Yamaha

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha Fazzio jadi salah satu produk baru tahun ini yang banyak menarik perhatian orang-orang. Usai meluncur pada 17 Januari lalu, skutik ini bisa dibilang berhasil memancing minat konsumen untuk membeli.

Bagi konsumen yang membeli sejak Januari, mungkin Februari ini mulai dikirim. Tapi buat yang baru memesan sekarang, tampaknya masih harus menunggu beberapa hari atau beberapa minggu lagi, sampai motor diantar ke rumah.

Mirisnya, antrean inden yang terjadi di diler rupanya dimanfaatkan tenaga penjual Yamaha untuk mendahulukan pembelian secara kredit ketimbang kontan.

Redaksi Kompas.com juga mulai menerima beberapa laporan serupa, yang menyebutkan bahwa pramuniaga mengarahkan konsumen untuk membeli secara kredit, jika ingin Fazzio tanpa inden.

Menanggapi hal ini, Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya berterima kasih atas minat konsumen yang begitu besar terhadap Fazzio.

“Kami mohon maaf bila saat ketersediaan unit di diler Yamaha tidak mencukupi,” ujar Anton, kepada Kompas.com (9/2/2022).

“Karena begitu diproduksi dan delivery dari pabrik, langsung terjual habis, sehingga konsumen harus inden,” kata dia.

Anton juga menganjurkan konsumen untuk menyambangi diler Yamaha bila berminat dengan skutik tersebut.

Namun, konsumen diminta sabar menunggu. Karena Yamaha bakal berusaha secepatnya mengirimkan Fazzio kepada konsumen sesuai dengan antrean di masing-masing diler.

“Pada dasarnya kami senang sekali konsumen sangat berminat membeli Fazzio. Dan kami tidak pernah membedakan konsumen yang membeli baik secara tunai maupun kredit. Perlakuannya adalah sama,” ucap Anton.

“Apabila ada konsumen yang merasa dipersulit dalam hal pembelian, khususnya secara cash oleh oknum salesman diler, laporkan saja kepada kami. Akan kami tindak lanjuti. Sertakan juga bukti-buktinya,” ujar dia.

Menurut Anton, konsumen yang merasa tidak puas dengan pelayanan Yamaha dapat menghubungi Call Center Yamaha di 021-24575555 atau 021-4618000.

Selain itu, dapat juga melalui email di contact_center@yamaha-motor.co.id dengan menyertakan bukti nama diler, tenaga penjual, dan lainya.

Anton menambahkan, waktu tunggu pengiriman skutik hybrid Fazzio berbeda-beda tergantung daerahnya. Ia juga tidak bisa merinci berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk inden Fazzio saat ini.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/02/10/090200415/konsumen-beli-fazzio-dipaksa-kredit-begini-jawaban-yamaha

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke